HUKUM & KRIMINAL

Kadishut Belu: Saya Belum Tahu. Saya akan Panggil Bidang yang Terbitkan Surat Izin Kayu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Hasil penelusuran penyidik Polres Belu terkait kasus kayu jati dua tronton asal Kabupaten Malaka ditemukan surat izin kayu jati tersebut dikeluarkan oleh Dinas Kabupaten Belu.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Belu, Sabina Mau Taek yang dikonfirmasi media usai sidang paripurna DPRD Belu tentang LKPJ Bupati Belu, Senin (23/05) mengatakan, dirinya belum mengetahui soal kasus surat izin kayu jati asal Kabupaten Malaka yang diterbitkan Dinas Kehutanan Belu.

Kadishut

Sabina Mau Taek

Kendati demikian, Sabina menegaskan akan segera memanggil bidang teknis yang bertugas mengeluarkan surat izin terhadap kasus kayu jati dua tronton asal Kabupaten Malaka. “Kita masih akan panggil bidang yang keluarkan surat izin itu,” ucap dia.

Diberitakan sebelumnya Kapolres Belu AKBP Dewa Putu Gede Artha yang dihubungi media Minggu kemarin mengatakan, setelah ditelusuri kasus kayu jati dua toronton asal Kabupaten Malaka surat izinnya dikeluarkan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Belu.

“Kita akan kembangkan terus kasusnya, karena ada indikasi antara jumlah batang kayu tidak sesuai dengan manifest yang diangkut,” ujar dia.

Menurut Artha, dalam pengambilan keterangan awal kayu tersebut benar berasal dari kebun milik warga. Akan tetapi ada indikasi kayu lain yang ikut diangkut diluar manifest.

“Setelah ditelusuri surat izin kayu itu dikeluarkan Dinas Kehuatan Belu, sementara kayunya asal dari dusun Tualaran, Desa Kereana, Kecamatan Botinleobele, Kabupaten Malaka,” papar dia.

Baca Juga :   Diduga Terlibat Korupsi Pembangunan Embung, Oknum Anggota DPRD NTT Bakal Diperiksa Kejari TTS

Terkait hal tersebut tegas Artha, pihaknya akan kembangkan kasus jati mulai dari atas, dari lokasi kayu diambil. Oleh karena itu akan segera dipanggil Kepala Desa Kereana guna pengembangan lebih lanjut.

“Kita akan panggil pihak Desa terlebih dahulu, setelah itu menyusul Dinas teknis di Belu yang keluarkan suratnya. Kita akan dalami siapa oknum yang tandatangi surat itu, apakah suratnya asli atau palsu,” ucap dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top