HUKUM & KRIMINAL

Lagi, Mitan 5,6 Ton Diamankan Bea Cukai Saat akan Dibawa Masuk ke Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sebanyak 5.600 liter atau 5,6 ton bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah (Mitan) yang dikemas dalam 28 drum berhasil diamankan dari dalam truk toronton BCA Trans Express yang hendak melintas ke Negara Timor Leste, Kamis (05/05/2016) sore.

Kapolres Belu

Kapolres Belu

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, awal penggagalan terhadap kendaraan itu dilakukan oleh aparat Bea Cukai yang bertugas di PLB Mota’ain. Merasa curiga dengan muatan truk itu, aparat Bea Cukai bersama Polisi dan TNI Satgas Yonif 725/WRG yang bertugas di PLB Mota’ain langsung memeriksa. Hasilnya, ditemukan BBM mitan illegal. Bea Cukai kemudian mengamankan kendaraan yang membawa BBM tersebut ke Kantor lama KPPBC Tipe Madya Pabean B Atambua di Pelabuhan Atapupu untuk melakukan pembongkaran.

Pembongkaran muatan itu dilakukan oleh petugas bea cukai dan disaksikan langsung Kapolres Belu. Pihak Bea Cukai menemukan sebanyak 28 drum yang berisi minyak tanah yang simpan di bak truck bagian depan di tutupi dengan barang bawaan alat-alat dapur.

Kapolres Belu, AKBP Dewa Putu Gede Rtha yang dihubungi media Kamis sekira pukul 09:00 Wita malam menyampaikan, awalnya kendaraan tersebut dibuntuti anggota Polres dari dalam kota Atambua. Setelah tiba di Pos Mota’ain, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai dan akhirnya dibongkar serta diamankan.

“Kita kerjasama dengan Bea Cukai karena sudah wilayah kepabeanan. Barang buktinya sudah diamankan di Kantor Bea Cukai Atapupu, tinggal diproses,” ujar dia.

Baca Juga :   BPMD Malaka Tuntas Keluarkan Rekomendasi Pencairan Dana Desa

Hingga berita ini diturunkan, kasus tersebut tengah ditangani pihak Bea Cukai Atambua terkait dengan wilayah kepabeanan. Barang bukti berupa 5,6 ton itu telah diamankan pihak Bea Cukai guna dilakukan penyelidikan awal dan pengambilan keterangan sesuai prosedur yang berlaku. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top