RAGAM

Dianggap Mensejahterakan Kaum Marginal, Jonas Salean Dinobatkan Sebagai Orang Timor

KUPANG, Kilastimor.com-Walikota Kupang, Jonas Salean dinobatkan menjadi orang Timor oleh pemangku adat dan budaya Timor Meo Uf Mutif Tuan Teflopo.
Penganugerahan serta pemberian tanda kehormatan sebagai atoin meto tersebut ditandai dengan pemberian bintang kehormatan sebagai Meo Naek dan dikenakan selimut serta destar (ikat kepala) yang diserahkan oleh Meo Naek Uf, Yosep Aryanto Lu Teflopo, belum lama ini di lapangan mini depan Polsek Kelapa Lima, Jalan Timor Raya.

Jonas Salean

Jonas Salean

Jonas Salean usai menerima gelar tersebut menyampaian terima kasih karena sudah diterima serta mendapat gelar sebagai orang Timor.
Jonas Salean juga menyampaikan rasa terima kasih karena kurang lebih empat tahun, telah bersama mengelola pemerintahan Kota Kupang dan tidak menemui kesulitan dalam mengelola dan menata roda pemerintahan, serta meningkatkan kesejahteraan warga Kota Kupang.
“Tentu ada kekurangan selama memimpin Kota Kupang tetapi itu adalah hal yang wajar sebagai manusia,” tandas Salean.

Menurut Salean, dirinya meyakini itu karena sebagai manusia tidak mungkin dalam kurun waktu lima tahun bisa memenuhi semua kebutuhan warga Kota Kupang, dengan jumlah penduduk mencapai 525 ribu jiwa.

Untuk itu, Wali kota mengajak semua pihak untuk bersama melakukan upaya pembenahan infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan warga kota agar kota makin maju dan rakyat makin sejahtera.

Sementara itu Pemangku adat Meo Naek, Meo Uf Mutis Tuan Yosep Aryanto Lu Teflopo dalam ungkapan perasaan malam itu menyampaikan, apresiasi khusus kepada Wali Kota Kupang, Jonas Salean. Pasalnya, Jonas telah berhasil mensejahterakan banyak orang di tanah Timor, Kota Kupang.

Baca Juga :   Satgas Penanganan Human Trafficking Bebaskan Dua Pekerja Wanita Asal TTU di Tangerang

Yosep Lu Teflopo mengatakan, pemberian penghargaan serta julukan orang adat Timor kepada Wali Kota Kupang Jonas Salean, bukan serta merta diberikan. Tetapi sebelumnya sudah melalui kesepakatan dalam sidang para Meo Naek. Dimana Jonas Salean dinilai sebagai pribadi yang bekerja tanpa pilih kasih terutama kepada kaum terpinggirkan seperti masyarakat miskin dalam setiap pembangunan di Kota Kupang.

“Pengakuan dan pemberian apresiasi kepada Jonas Salean ini tidak mudah karena harus melalui tahapan-tahapan dalam rembuk para Meo di lingkungan para pemangku adat,” tandas Teflopo.

Pemberian penghargaan itu pula menurut Teflopo baru sekali kepada Pemimpin daerah di NTT sejak tahun 1958 Propinsi NTT terbentuk. Sehingga oleh lima pemangku adat Mutis Tuan yakni Teflopo, Nitbani, Sonbai, Mella dan Liu rai dimana Jonas Salean telah banyak meneteskan keringat di Kota Kupang untuk kesejahteraan banyak orang, selain itu Jonas juga oleh para pemangku adat Timor sebagai salah satu sosok pejuang di tanah Timor. (ify)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top