RAGAM

Pembangunan Tanggul Permanen di DAS Benenain Jadi Target Pemkab Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka terus berupaya menangani dan meminimalisir ancaman banjir sungai Benenain. Salah satunya yakni pembangunan DAS Benenain secara permanen.
Untuk sementara pemerintah masih melakukan penanganan darurat guna mengamankan jiwa dan harta masyarakat. Kedepan, pemerintah akan membangun tanggul permanen untuk mengatasi persoalan banjir setiap tahun.

Survey alur Sungai Benenain.

Survey alur Sungai Benenain.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan di Betun belum lama ini mengemukakan, dari dulu Pemda Malaka sudah bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai guna mengatasi persoalan banjir bandang Benenain. Kedepan pihaknya akan tetap bersinergi dan mendorong kerja sama yang lebih baik, supaya bisa menyalurkan anggaran dari pusat, untuk penanganan DAS Benenain.

Penataan DAS Benenain paparnya, terdapat dua cara. Pertama, pemkab akan melakukan penanganan darurat dengan membangun tanggul darurat supaya tidak boleh ada banjir yang mengancam rakyat. Kita akan atasi itu supaya tidak mengancam jiwa masyarakat. Kekayaan masyarakat harus dilindungi supaya tidak dirusak banjir bandang. Kedua, pihaknya akan mengupayakan tanggul permanen supaya persoalan yang sama tidak terjadi setiap tahun.

“Kita sampaikan terima kasih kepada pempus yang selama ini memperhatikan perbaikan tebing yang mengancam longsor dan merusak tanah masyarakat yang disalurkan melalui BWS Nusa Tenggara II”
“Kita tetap meminta BWS supaya tetap membangun tanggul permanen dari wilayah Boni (hulu) hingga Aintasi (hilir). Sebelah kiri kanan harus dibangun tanggul permanen supaya banjir bandang Benenain tidak mengancam rakyat,” bilangnya.

Baca Juga :   Sisa Kas Sebanyak Rp 491.731.520 Belum Disetor ke Kas Negara

Pemda Malaka sergahnya, setiap tahun akan melakukan pengerukan didalam kali Benenain untuk menjaga alur sungai. Hasil kerukan itu bisa dimanfaatkan sebagai penahan bibir kali Benenain atau bisa dimanfaatkan warga yang membutuhkan. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top