RAGAM

Pilkades pada 67 Desa di Malaka Harus Digelar November 2016

BETUN, Kilastimor.com-Komisi I DPRD Malaka mendorong pelaksanaan pilkades serantak bagi 67 Desa di Malaka dapat digelar pada November 2016, agar sebelum Natal bisa dilakukan pelantikan kades secara serentak. “Kita minta kepada pemerintah melalui mitra kerja BPMPD supaya mempersiapkan segala sesuatunya sehingga bisa dilaksanakan sesuai rencana,” bilang Wakil Ketua Komisi I DPRD Malaka, Yulius Krisantus kepada wartawan di Betun, Minggu (22/5).

Pilkades

Pilkades

“Kita baru saja melakukan rapat koordinasi dengan Mitra Komisi I BPMPD dan kita meminta supaya perencanaan pelaksanaan pilkades serentak di Malaka tahun ini segera dimantapkan,” tuturnya.

Untuk Pilkades sebutnya, merupakan ranahnya eksekutif dalam melakukan eksekusi terkait rencana itu, dan dewan hanya melakukan fungsi pengawasan sehingga dapat berjalan sesuai rencana.

“Tahun 2016 ada sekitar 67 desa. Ada jabatan kadesnya berakhir dari tahun 2003 lalu. Ini harus ditangani secara serius agar terlaksana secara serentak. Tadi kita sudah cek ternyata anggaran untuk pelaksanaan pilkades serentak baru dialokasikan sebanyak 40 desa, sehingga masih ada 27 desa lainnya akan dianggarkan pada perubahan anggaran,” bilangnya.

“Tadi juga kita meminta pemerintah untuk segera menerbitkan perbub sehingga juknis, aturan dan tahapan yang akan dilaksanakan bisa jelas. Ini kewenangan pemerintah tetapi kita mitra hanya melakukan pengawasan. Kita minta supaya pemerintah melalui BPMD mempersiapkan segala sesuatunya sehingga pelaksanaan pilkades bersama itu bisa dilakukan secara serentak. Kita harapkan November bisa dilaksanakan sehingga bisa dilantik sebelum natal tahun ini,” pungkasnya. (boni)

Baca Juga :   Eldat Nenabu: DPRD TTS Setujui Dana Rp 57,5 Juta Bukan Rp 250 Juta untuk Pelantikan Bupati/Wabup
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top