EKONOMI

Realisasi Pendapatan PD Pasar Kota Kupang Nol Persen, Komisi II DPRD Kota Meradang

KUPANG, Kilastimor.com-Hingga akhir bulan Mei 2016, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Kupang masih nol persen.
Hal ini terungkap ketika Komisi II DPRD Kota Kupang melakukan kunjungan kerja ke PD pasar Kota Kupang, Selasa (31/5), yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II, Melkianus Balle bersama anggota Jabir Marola, Elya Th. Salean, Paulus Manafe, Jemari Yoseph Dogon dan Agnes Bota Dehaan-Hayon.

Komisi II DPRD Kota Kupang ketika bertemu Kadis Penda Kota Kupang.

Komisi II DPRD Kota Kupang ketika bertemu Kadis Penda Kota Kupang.

Kunjungan kerja Komisi II ini diterima secara langsung oleh Direktur Utama PD pasar, Alexander Lendebayo didampingi Direktur Pemasaran dan Direktur Keuangan serta dua kepala unit yakni unit Pasar Fatubesi dan Pasar Kasih.

Ketua Komisi II, Melkianus Balle mengatakan, sesuai target PD pasar sebelumnya Rp.75 juta, dan tahun ini naik menjadi Rp 130 juta. Kenaikan target yang ada, harus ada peningkatan kinerja. Namun hingga saat ini realisasi dari target tersebut yang terlihat di papan pelaporan Dispenda masih nol persen.
Untuk itu melalui kunjungan kerja ini ingin mengetahui kemajuan baik dari pencapaian target dan perkembangan pengelolaan pasar serta kendala yang dihadapi.

“ Kunjungan ini dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan pasar baik itu dari realisasi target pandapatan PD pasar melalui penarikan retribusi perhari selama ini, dan perkembangan pengelolaan pasar yang sudah adanya perubahan sarana-prasarana,” kata Melki.

Baca Juga :   Bupati Bere: Saya Sudah Dapat Laporan dari Kabag Umum. Saya Minta Masyarakat Waspada Banjir

Hal senada juga dikatakan, Wakil Ketua Komisi II, Paulus Manafe mengemukakan, sesuai dengan target tahun lalu dari PD pasar yakni sebesar Rp.75 juta, namun realisasinya hanya sebesar Rp 10 juta, dan untuk tahun ini terget pendapatan dinaikan menjadi Rp 130 juta, namun realisasinya belum terlapor di Dispenda.

Sementara anggota komisi II, Jemari Yoseph Dogon mengatakan, PD Pasar minimal memiliki realisasi pendapatan yang ditarik melalui retribusi, untuk dilaporkan. Masakh tidak ada pelaporan penerimaan hingga saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PD pasar Kota Kupang, Alexannder Lende Bayo mengaku, pendapatan untuk tahun 2016, hingga saat belum dicatat. Untuk itu di tahun 2016 target PD Pasar adalah Rp 2 Miliar, dari target tahun sebelumnya sebesar Rp 1 miliar.

“Sesuai Perda, biasanya pelaporan realisasi baru akan dilaporkan setelah tanggal tahun tutup buku yakni 31 Desember nantinya. Namun, untuk pelaporan kami tetap mencatatnya,” katanya. (ify)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top