RAGAM

Siapkan Kader Pemimpin, FOSMAB Gelar LKTD

KUPANG, Kilastimor.com-Forum Solidaritas Mahasiswa Belu (FOSMAB) merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang menghimpun mahasiswa-mahasiswi dari Kabupaten Belu di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai suatu wadah yang menghimpun para mahasiswa yang adalah calon pemimpin masa depan, maka menjadi keharusan untuk saling membina dan saling mempersiapkan menjadi pemimpin bagi diri sendiri maupun orang lain pada masa mendatang.

LKTD FOSMAB

LKTD FOSMAB

Fosmab selain menghimpun mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari satu kabupaten, FOSMAB bukan untuk sekedar bersenang-senang atau hura-hura, tetapi FOSMAB ada untuk belajar dan mempersiapkan diri dan sadar akan keberadaanya sebagai calon pemimpin masa depan, melalui proses pengkaderan menjadi mutlak untuk ditumbuh kembangkan dalam diri organisasi dan dalam diri sesama anggotanya.

Sebagai wujud untuk mencapai calon pemimpin yang diidam-idamkan, maka FOSMAB mengambil langkah pasti dalam proses pengkaderan itu. Adapun berbagai tindakan yang dilakukan adalah mempersiapakan generasi muda yang adalah calon pemimpin untuk mencoba mengenal diri, mengenal sesama, mengenal lingkungan sekitar dan dituntut pula untuk mengerti dengan interkasi sosial yang ada dan berkembang di masyarakat yang tentu tidak terlepas dari berbagai fenomena sosial yang ada, seturut perkembangan zaman ini. Salah satunya adalah belajar berorganisasi dan mengerti akan sistem dalam setiap kelompok.

Untuk mewujudkan pengkaderan itu, FOSMAB pada kepengurusan 2015/2016 yang dinakodai Bernadinus Mali, mahasiswa Fakultas Hukum Unwira dan Yanuarius Ulu Kehi sebagai sekretarisnya, telah menjalankan proses formal pengkaderan yaitu Masa Penerimaan Anggota Baru, Masa Bimbingan, Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ( LKTD) dan beberapa kegiatan pengkaderan yang akan dijalankan dalam periode kepengurusan yang tersisa beberapa bulan lagi. Pasalnya periode kepengurusan yang diamanatkan dalam AD/ART organisasi hanya untuk masa waktu satu tahun.

LKTD FOSMAB

LKTD FOSMAB

Kegiatan LKTD dilaksanakan di Susteran SSpS Bello selama 3 hari, dimulai dari 16-19 Maret 2016 lalu. Adapun peserta yang mengikuti sebanyak 14 orang, dimana panitia telah berusaha menyeleksi dari semua anggota baru yang ada. Kegiatan berjalan dengan baik dan berakhir dengan meditasi, dan memaknai jalan salib.

Baca Juga :   Kapolda: Pelayanan SIM, SKCK Harus Transparan

Ketua Umum FOSMAB, Bernadinus Mali mengutarakan, peserta LKTD saat ini ditantang untuk menjadi pemimpin untuk diri sendiri dan orang lain. Menurutnya, peserta-peserta yang telah lolos seleksi ini, betul-betul mau belajar, karena akan ada Latihan Kepemimpinan lanjutan. Dia mengharapkan keseriusan dan kesungguhan mengikuti kegiatan ini dan pada giliran bisa menjadi bekal untuk memimpin kedepan.

Antonius Tae, Ketua Panitia Kegiatan LKTD berterima kasih karena atas kerja sama semua pihak, legiatan LKTD telah terselenggara dengan baik.
Dionisius Kali salah satu Peserta LKTD dengan tema “Membentuk kader yang berjiwa pelayan dan sosialis dengan mengedepankan nilai kepemimpinan kristiani itu” mengatakan, kegiatan itu sangatlah positif. Dirinya sadar, bahwa ia ditempah dengan berbagai cara, untuk bertahan dalam segala situasi, mampu beradaptasi dan mampu mengambil kebupusan. (ify)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top