RAGAM

TNI AD Bangun Kokav di Belu. 114 Personil dan 16 Panser akan Ada di Perbatasan RI-RDTL

ATAMBUA, Kilastimor.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) akan menempatkan 114 personil dan 16 tank Panser di Kompi Kavaleri (Kokav) Serbu, yang akan dibangun di Belu, Perbatasan RI-Timor Leste.

Komandan Distrik Militer (Kodim) 1605/Belu, Letkol Inf, Moch. Nanang Nazmudin yang dihubungi media belum lama ini mengemukakan, rencana pembangunan markas Kokav Serbu berlokasi di Lelowai, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu. Kompi itu sendiri akan dilaksanakan 2017 mendatang, di atas lahan kurang lebih enam sampai delapan hektar.

Dandim

Dandim Belu

“Ini program Mabes TNI dalam rangka pembangunan rencana strategis pemerataan pertahanan. Kita tahu aspek pembangunan pertahanan menyeluruh dari Sabang sampai Meraukae,” ujar dia.

Jelas Nanang, pembangunan sarana pertahanan merupakan suatu kebutuhan untuk menciptakan stabilatas ketahanan NKRI di wilayah Kabupaten Belu, yang berbatasan darat langsung dengan Timor Leste.

“Kita tahu di perbatasan Belu sudah ada Batalyon dan Satgas Pamtas yang selalu diganti setiap tahun. Tapi pembangunan Kokav ini aspek pemerataan pertahanan demi kedaulatan NKRI. Tugas pokok masing-masing satuan kavaleri itu mendukung tugas membantu TNI yang ada di lintas darat,” ucap dia.

Lanjut Nanang, rencana pembangunan Kokav serbu dilaksanakan secara bertahap di atas lahan yang telah disediakan Pemkab. Pihaknya akan upayakan percepatan dengan Pemkab Belu untuk dianggarkan dalam persidangan pada 2017 mendatang. (yan)

Baca Juga :   OPD Baru, Dua Jabatan Eselon II di Pemkot Kupang Dihapus. Daud: Bakal ada Pejabat yang kembali ke Fungsional
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top