RAGAM

ADD Malaka 2016 Rp 123 Miliar. SPJ Desa Belum Masuk, Dana Rp 77 Miliar Ditahan Pempus

BETUN, Kilastimor.com-Dana Desa tahun 2016 yang dialokasikan bagi 127 Desa di Kabupaten Malaka sebesar Rp 123 miliar. Hingga saat ini dana sebesar Rp 77 miliar dari Pemerintah Pusat belum masuk ke rekening kas daerah, karena masih ada proses administrasi yang harus disiapkan untuk diantar ke Pemerintah Pusat.
Hal itu disampaikan Kadis PPKAD Kabupaten Malaka, Vincentius Loy kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa ( 14/6).

Vincentius Loy

Hingga 8 Juni lalu, ungkapnya, SPJ desa yang masuk di dinas PPKAD baru 69 dari 127 desa di Kabupaten Malaka. Harusnya SPJ Desa itu segera masuk guna mempercepat konsolidasi sebagai salah satu persyaratan pentrasferan dana dari Pempus ke rekenening kas daerah. Hingga saat ini dana pusat belum ditransfer ke rekening kas daerah.

“Untuk cair, kendalanya kita harus laporkan ke pusat dulu. Kita sudah minta Kabid Anggaran Dinas PPKAD untuk berkoordinasi dengan BPMPD untuk segera menyiapkan APBDes, karena secara teknis mereka yang menangani,” ungkapnya.

APBDes Malaka saat ini imbuhnya, belum siap dan secara teknis ditangani BPMPD. Kita berharap dalam waktu dekat SPJ seluruh desa cepat masuk, sehingga bisa dilakukan konsolidasi dan selanjutnya data itu akan diantar PPKAD dan BPMPD ke Jakarta, agar dana Pusat itu bisa ditranfer ke rekening kas daerah.

“Selama ini kita lakukan rapat koordinasi dengan para kades juga BPMPD terkait penyelesaian SPJ Desa. Namun masih ada desa yang belum menyelesaikannya,” bilangnya.

Baca Juga :   Wabup Belu Klarifikasi atas Kericuhan Sidang di DPRD. "Saya Tidak Tinggalkan Sidang"

Dana Pusat belum ditransfer ke Malaka yang bersumber dari APBN sebesar Rp 77 miliar dan dana ADD yang bersumber dari APBD Malaka sebesar Rp 44 miliar. Itu semua sudah dihitung dengan pajak dan retribusi. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top