POLITIK

Anggota Legislatif Tetap Mundur Jika Maju dalam Pilkada Serentak 2017

JAKARTA, Kilastimor.com-Anggota DPR, DPD RI dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota wajib mengundurkan diri apabila telah ditetapkan sebagai calon kepala daerah. Keputusan tersebut tetap berlaku pada Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 nanti, sebagaimana keputusan Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (2/6) siang tadi.

Sidang DPR RI

Sidang DPR RI

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang menyebutkan anggota legislatif baik DPR/DPD/DPRD harus mundur dari keanggotaan dilembaga tersebut.

Dalam rapat paripurna itu, DPRD berhasil menetapkan sejumlah perubahan. Dan niat DPR agar tidak mundur dari keanggotaan tidak disetujui paripurna. Dengan keputusan itu, wakil rakyat ditingkat pusat dan daerah wajib mengundurkan diri, sebagaimana yang telah terjadi di Pilkada serentak 2015 lalu. Walau PKS dan Gerindra menolak, namun forum tetap menetapkan pasal pengunduran diri DPR/DPD dan DPRD dalam Pilkada serentak 2017 nanti. (fed)

Baca Juga :   Ada Restoran Suguhkan Daging Manusia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top