HUKUM & KRIMINAL

Awasi Keberadaan Orang Asing, Imigrasi Bentuk Tim PORA TTU

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Imigrasi Kelas II Atambua membentuk tim pengawasan orang asing (Tim PORA) di wilayah Kabupaten TTU, Timor Barat, Perbatasan RI-Distric Oecusse, Timor Leste.
“Di wilayah Belu tim PORA sudah dibentuk tahun lalu. Untuk tahun 2016, kita sudah bentuk tim PORA di wilayah TTU,” ungkap Kasi Informasi dan Komunikasi Imigrasi, Atambua, Gunawan Kuntoro saat dihubungi media, Rabu (22/6/2016).

Imigrasi Atambua, menggelar rapat pembentukan Tim PORA TTU di Kefamenanu.

Imigrasi Atambua, menggelar rapat pembentukan Tim PORA TTU di Kefamenanu.

Menurut Gunawan, pembentukan tim PORA di wilayah perbatasan guna meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang melintas ke wilayah Indonesia, pasca pemberlakukan bebas visa oleh Indonesia.
“Imigrasi Kelas II Atambua membawahi tiga Kabupaten Belu, Malaka dan TTU. Untuk tim PORA tingkat Kabupaten sudah dibentuk di Belu dan TTU. Sedangkan tingkat Kecamatan sudah dibentuk tim di kecamatan Tasifeto Timur,” ujar dia.

Lanjut Gunawan, untuk Kabupaten Malaka pembentukan tim PORA masih dalam rencana masih dan masih akan dikoordinasi ke pusat. Tim PORA dibentuk sesuai dasar hukum, dimana sebelumnya SK Bupati tahun 2013. Tapi sudah dirubah di UU no 6 tahun 2011, pasal 66 sampai 76.

“Untuk Tim PORA di tiap Kabupaten akan libatkan intel Kodim, Intel Polres, Kasi Intel Kejari, Kasi P2 Bea Cukai, juga Pemda masing-masing Dinas Nakertrans, Pariwisata, BPMD, Satgas, BIN serta Camat di perbatasan,” sebut dia.

Baca Juga :   Pameran Perarakan Besar Malaka Harus jadi Sarana untuk Mempersatukan

Jelas Gunawan, dibentuknya tim ini bukan karena kesulitan tapi untuk wujudkan koordinasi masing-masing instansi lintas sektor terkait, sebab mereka juga mempunyai fungsi di pengawasan orang asing. “Teknisnya, kita akan kami rangkul dalam satu wadah dalam memaksimalkan pengawasan orang asing,” ucap dia.

“Dengan adanya Tim PORA TTU yang sudah dibentuk, kedepannya bisa koordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang mempunyai perhatian dalam pengawasan orang asing,” harap Gunawan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top