RAGAM

Bantu Masyarakat, Pemkab Malaka Layani Dokumen Kependudukan Secara Mobile

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka akan melakukan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dengan sistem mobile. Pemerintah juga sementara melakukan kajian untuk menambah peralatan guna melancarkan pelayananan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa kepada wartawan usai melakukan diskusi dengan masayarakat saat pertemuan Kelompok Tani di desa Babulu Selatan-Kecamatan Kobalima, Kamis (23/6).

Daniel Asa

Daniel Asa

“Itu sudah komitmen pemerintah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan dokumen kependudukan itu adalah pelayanan dasar sehingga tidak bisa ditawar-tawar. Dalam rapat koordinasi lintas sektor, Pak Bupati sudah menegaskan supaya kita jangan main-main urus kebutuhan dasar masayarakat seperti pelayanan dasar dokumen kependudukan. Pak Bupati juga sudah meminta kepada Dispenduk Malaka agar melakukan kajian termasuk kemungkinan menambah peralatan guna memperlancar pelayanan serta memberikan pelayanan secara mobile dengan mendatangi masyarakat di setiap desa,” katanya.

“Tadi kita dengar ada warga yang keluhkan tentang pelayanan dokumen kependudukan yang terkesan lamban dan banyak antrian di Dispendukcapil Malaka. Kita juga sudah mendapatkan penjelasan dari dispendukcapil bahwa pelayanan KTP belum bisa dilakukan saat ini karena ada pembenahan data secara nasional dan bagi seluruh Indonesia. Kalau Jakarta sudah bereskan datanya disana maka pelayanan bisa dimulai kembali. Kalau dokumen kependudukan seperti berbagai jenis akta bisa dilakukan pelayanan setiap hari di Dispendukcapil. Untuk menghindari antrian kita minta dispendukcapil membuka lagi tambahan loket guna melancaranan pengurusan dokumen kependudukan setiap hari,” tambahnya.

Baca Juga :   PKB Malaka Harus Kembangkan Politik Santun

Selama ini bilangnya, alat rusak sehingga sangat menghambat pelayanan. Saat ini alat sudah baik tetapi masih ada gangguan jaringan dan pembenahan data di pusat bagi seluruh indonesia. Sehingga KTP belum bisa dibuat. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top