HUKUM & KRIMINAL

Kapolres: Polsek Betun Diusulkan jadi Polsek Urban

BETUN, Kilastimor.com-Polsek Malaka Tengah akan diusulkan ke Mabes Polri agar bisa ditingkatkan statusnya menjadi Polsek Urba, guna melayani masyarakat Kabupaten Malaka. Polres Belu akan menghimpun data yang dibutuhkan agar dikomunikasikan ke Mabes Polri sehingga bisa dipertimbangkan Mabes terkait peningkatan status itu.
Hal itu disampaikan Kapolres Belu, AKBP Michael Ken Lingga, SIK kepada wartawan disela acara pertemuan Kapolres bersama sejumlah elemen masyarakat Kota Betun di Betun, Kamis (23/6).

Kapolres Belu pose dengan jajaran Polsek dan Koramil Betun.

Kapolres Belu pose dengan jajaran Polsek dan Koramil Betun.

“Tadi Bupati melalui sekda meminta supaya kita tingkatkan status Polsek Betun menjadi polsek Urban. Itu harapan kita bersama dan itu ranahnya Jakarta maka kita akan melaporkan permintaan itu kepada Mabes Polri untuk bisa diproses lebih lanjut. Prinsipnya permintaan pemerintah dan harapan masyarakat Malaka akan kita sampaikan kepada Mabes Polri untuk menentukan karena itu ranahnya Mabes Polri,” katanya.

“Untuk peningkatan menjadi polsek urban harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti banyaknya kasus yang membutuhkan penanganan. Dari laporan Kapolsek Malaka Tengah tadi dari aspek Jumlah kasusnya 80 lebih pada tahun 2015 dan hampir sama dengan di Belu. Untuk membangun Polres di Malaka maka membutuhkan dukungan dan kerja sama semua pihak seperti pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama,” sebutnya.

Sekda Malaka, Donatus Bere SH secara terpisah kepada wartawan mengatakan Pemerintah Daerah Malaka sangat siap dan mendukung berdirinya Polres di Malaka. Malaka ini adalah Kabupaten perbatasan dua negara sehingga sangat layak untuk dibangun Polres. Kita harapkan dengan peningkatan status Polsek Malaka Tengah menjadi Polsek Urban maka jumlah personil kepolisian akan bertambah guna melancarkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Malaka.

Baca Juga :   Pilkada Malaka Merupakan Peristiwa Bersejarah

Masyarakat Jaga Kamtibmas

Warga Kabupaten Malaka diminta untuk tetap menjaga Kamtibmas sehingga tetap kondusif. Masyarakat harus ikut membantu polisi karena jumlah anggota Polri masih sangat terbatas. Kantibmas yang kondusif adalah kepentingan bersama yang harus dijaga, karena hasilnya akan dirasakan bersama oleh masyarakat. Permintaan itu disampaikan Kapolres Belu, AKBP Michael Ken Lingga, SIK kepada wartawan disela acara pertemuan Kapolres bersama sejumlah elemen masyarakat Kota Betun di Betun, Kamis (23/6).

Sebagai Kapolres yang baru bertugas di Belu dan Malaka dia tetap menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dengan caranya menjaga kantibmas di Kabupaten Malaka. “Itu tugas kita bersama untuk menjaga kantibmas. Kalau situasinya aman dan tertib maka kita juga yang akan menikmatinya bersama. Tadi kita mendapatkan gambaran tentang Kabupaten Malaka dari Pemerintah dan Kapolsek Malaka Tengah. Kita juga sangat apresiasi karena masyarakat bisa mensukseskan pelaksanaan Pilkada Malaka tanpa masalah. Ini satu bukti bahwa masyarakat Malaka sangat menghargai perbedaan dan menjaga Kamtibmas di wilayah ini. Situasi yang sangat kondusif itu harus tetap dijaga dan dipelihara karena Malaka juga sebagai salah satu Kabupaten yang berbatasan darat langsung dengan Timor Leste. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top