EKONOMI

Kelompok Tani Fresh Farm dan Apindo Belu Panen Semangka Non Biji di Taeksoruk

ATAMBUA, Kilastimor.com-Budidaya semangka tanpa biji oleh kelompok tani di perkebunan Fresh Farm, Dusun Taeksoruk, Desa Fatuba’a, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL membuahkan hasil.
Minggu (26/6/2016) sore pemilik perkebunan bekerjasama dengan Apindo Belu melakukan panen perdana buah semangka non biji. Hadir pada kesempatan itu, Wabup Belu, JT. Ose Luan, Plt Kadis Tanbun Belu, Kepala BRI Cabang Atambua, Wakapolres Belu serta undangan lainnya.

Panen buah

Panen buah semangka

Buah semangka tanpa biji ditanam diatas lahan perkebunan milik pribadi kurang lebih 5 hektare. Tidak saja buah semangka, ada juga berbagai jenis tanaman holtikulutral lainnya. Buah semangka tersebut itu barus bisa dipanen setelah berumur 90 hari pasca ditanam.

Oscar pendamping petani buah semangka menuturkan, panen yang dilakukan hari ini merupakan perdana buah semangka tanpa biji di wilayah perbatasan Belu. “Buah semangka ini tanpa biji, beda dengan semangka lainnya. Setelah dipetik masih akan berbuah sampai dua, tiga kali,” sebut dia.

Lanjut dia, panen perdana buah semangka bisa mencapai 5 sampai 6 kilo gram, sementera panen keduanya hanya mencapai berat 3 sampai 4 kilo gram.

Sementara itu, Ivon Sulayman menuturkan, panen perdana buah semangka dilakukan setelah berusia 90 hari. Nantinya setelah panen akan dipasarkan ke pasar dan toko-toko yang menjual buah-buahan. “Lahan yang ditanami semangka kurang lebih 5 hektare. Ini panen perdana, sementara lainnya dalam waktu dekat siap dipanen,” ujar dia.

Baca Juga :   1.500 Kelompok Tani di TTS Dapat Pupuk Subsidi

Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Belu, Yerem Kali Taek mengatakan, lahan perkebunan tanaman semangka ini bisa dijadikan perkebunan percontohan bagi masyarakat Belu, yang bisa memanfaatkan lahan kosong yang tidak diolah.
“Kita mendukung budidaya tanaman semangka tanpa biji ini. Kedepan diharapkan lokasi perkebunan ini bisa jadi pusat pembelajaran,” harap dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top