RAGAM

Komisi I DPRD Malaka Pelajari Sistem Pemerintahan di Minahasa

BETUN, Kilastimor.com-Komisi I DPRD Kabupaten Malaka melakukan Studi Banding (Stuba) di Minahasa guna mempelajari sistim pemerintahan terutama pendelegasian tugas Kabupaten kepada camat setempat. Melalui Stuba ini diharapkan bisa mendapatkan ilmu tentang sistim pengelolaan pemerintahan yang efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemberdayaan para camat.
Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Malaka, Doddy Tei Seran dari Tondano-Kabupaten Minahasa- Propinsi Sulawesi Utara, Selasa ( 7/6).

Dody Tey Seran

Doddy Tey Seran

“Kemarin (Senin-red.) kita baru tiba di Minahasa dan masih melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat. Kita masih sesuaikan dengan agenda pemerintah disini. Kita akan bertemu dengan pemerintah di Minahasa untuk mendapatkan gambaran tentang sistim pengelolaan pemerintahan di Minahasa dimana pemerintah Kabupaten memberdayakan para camat sehingga semua urusan terkait desa hanya diurus ditingkat kecamatan,” paparnya.

Sesuai agenda pihaknya akan kunjungi juga kecamatan terbaik di Minahasa dimana mereka mampu mengelola pemerintahannya sehingga semua urusan desa hanya sampai ditingkat Kecamatan dan tidak perlu repot-repot ke Kabupaten.

“Kita tertarik melakukan stuba di Minahasa dengan harapan kalau memang sistim pendelegasian kewenangan Kabupaten ke Kecamatan itu baik maka kita akan usulkan kepada pemda Malaka supaya bisa mereduksi sistem pengelolaan pemerintahan di Minahasa,” papar dia.

Kemudian, imbuhnya, hal ini akan pelajari sistimnya dan manfaat apa saja yang diperoleh melalui pendelegasian kewenangan itu. Kalau memang sistem pemerintahannya baik, efektif dan efisien maka bisa usulkan dan diterapkan di Kabupaten Malaka. (boni)

Baca Juga :   Amankan Idul Fitri, Polsek Malaka Tengah Gelar Operasi Ketupat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top