RAGAM

Laporan Komisi III Dari Stuba di Sleman-Yogyakarta. Komisi III Sesalkan Ketidakhadiran Pemkab dalam Stuba RTRW

BETUN, Kilastimor.com-Komisi III DPRD Kabupaten Malaka sangat menyesalkan ketidakhadiran mitra komisi dari Pemkab Malaka dalam stuba terkait Rencata Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) di Kabupaten Sleman, padahal selama stuba itu pihak eksekutif bisa mendapatkan banyak informasi aktual dan referensi lapangan yang cukup untuk penataan RTRW di Malaka.
Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malaka, Vincen Kehi Lau dari Sleman-Jogyakarta, Sabtu ( 11/6).

Vinsen Kehi Lau

Vinsen Kehi Lau

“Kita sangat menyayangkan ketidakhadiran pihak eksekutif yang berkompeten langsung dalam mengelola RTRW Kabupaten Malaka padahal banyak hal yang didapatkan dari stuba di Sleman. Komisi III diterima Asisten III Sekda Sleman didampingi delapan pimpinan SKPD. Dari Malaka tidak ada satu SKPD pun yang mendampingi. “Kita sayangkan itu karena berbicara RTRW membutuhkan referensi lapangan yang cukup, mendapatkan masukan aktual serta berkesinambungan,” papar dia.

Dari stuba di Sleman paparnya, ada hal menarik dimana Perda RTRW harus selalu dievaluasi dan diasistensi terus menerus, didukung konsultan yang berpengalaman. Disediakan anggaran yang cukup memadai melakukan evaluasi terus menerus sehingga setiap perubahan dan pembangunan selalu terpantau dan terdata secara baik.

“Didalam RTRW perlu dilakukan penataan yang komprehensif dari tata ruang kota dan tata ruang wilayah. Perlu dianalisis dampak bencana bagi kawasan budidaya pertanian dan perikanan untuk antisipasi kedepan,” sebutnya.

Pembangunan Kawasan harus mempertimbangkan dan berbasiskan kebencanaan. Kawasan hortikultura dan pemukiman ditata supaya terhindar dampak tahun yang akan datang seiring perkembangan dan kemajuan kota. (boni)

Baca Juga :   Demi Kelancaran Pembangunan, Bupati dan Wabup Malaka Segera Tata Birokrasi
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top