RAGAM

Laporan Stuba Komisi II Di Sidoarjo-Jatim. Keberhasilan Tergantung Etos Kerja Petani

BETUN, Kilastimor.com-Keberhasilan petani di Sidoarjo-Propinsi Jawa Timur sangat ditentukan etos kerja dan mentalitas petani untuk mengeluti usaha pertanian. Sementara itu Pemerintah melalui dinas teknis terkait hanya memfasilitasi apa yang dibutuhkan petani untuk memajukan usahanya. Dari satu hektar lahan yang dikerjakan petani bisa menghasilkan panenan sebanyak 7-9 ton/hektar. Kalau dikelola intensif bisa mencapai belasan ton.
Dibidang perikanan, petani Sidoarjo lagi naik daun membudidayakan ikan bandeng bibir merah untuk ekspor dan pengembangan usaha petani seperti bandeng presto, ikan kaleng dan bandeng tanpa tulang dan selebihnya untuk memenuhi kebutuhan rumah makan di Sidoarjo.
Demikian Laporan Ketua Tim Komisi II DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran kepada wartawan dari Surabaya, Sabtu (11/6).

Ronaldo Asury

Ronaldo Asury

“Kami rombongan komisi II sudah bertemu pemerintah setempat dan melakukan kunjungan lapangan untuk memantau dari dekat aktifitas petani di Sidoarjo. Petani disana sudah mandiri dan memiliki etos kerja yang tinggi. Pemerintah biasanya mensuport apa yang dibutuhkan petani untuk memajukan usahanya terutama bagi petani pemula. Secara keseluruhan sistem pertanian yang dikembangkan petani Sidoarjo menggunakan mekanisasi pertanian, irigasi, pemupukan dan pengobatan hama dan penyakit kurang lebih sama dengan kita di Malaka,” tandasnya.

Dinas Pertanian dan PPL setempat paparnya, selalu berada ditengah petani untuk memantau dari dekat persoalan yang dihadapi petani untuk segera mendapatkan penanganan jika diperlukan. Kelembagaan kelompok tani serta usaha pertanian benar-benar dijaga dan dipelihara untuk memajukan kelompoknya.

Baca Juga :   Koramil dan PPA Malaka Bersihkan Saluran Irigasi

Wakil Ketua Komisi II DPRD Malaka, Ronaldo Asury secara terpisah kepada wartawan mengatakan hasil produksi pertanian selalu berorientasi pasar. “Hasil pertanian masyarakat dijual petani pada pasar-pasar yang mendapatkan perlindungan pemerintah. Pemerintah menyiapkan pasar-pasar dan fasilitas pasar yang representatif guna memasarkan hasil pertanian masyarakat. PAD yang dihasilkan juga sangat memadai berkat sistem pengelolaan pasar yang baik dan profesional. Ikan bandeng merah merupakan komoditi unggulan yang sementara dikembangkan petani Sidoarjo, dan bisa menembus pasar ekspor. Ini karena mereka mampu melihat peluang pasar dan tidak sekedar produksi. Aktifitas pertanian masyarakat selalu berorientasi pasar, “ sebutnya.

Selain ekspor mereka juga memproduksi bandeng untuk kebutuhan lokal termasuk melayani kebutuhan rumah makan milik petani atau rumah makan lainnya di wilayah sidoarjo. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top