RAGAM

Perlancar Pengelolaan ADD, DPRD Malaka akan Dorong Pemerintah Serahkan ke Camat

BETUN, Kilastimor.com-DPRD Kabupaten Malaka akan melakukan dialog intensif dengan pemerintah terkait pelayanan yang optimal kepada masyarakat desa. Salah satu pemikiran yang ditawarkan bagaimana kewenangan Kabupaten untuk melayani desa harus dilimpahkan kepada camat. Hal itu untuk memudahkan rentan kendali, kontrol dan efesiensi. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Malaka, Doddy Tei Seran kepada wartawan di Betun, Sabtu (18/6).

Dody Tey Seran

Dody Tey Seran

“Pemikiran ini merupakan salah satu usulan konkrit untuk melakukan penataan birokrasi. Kita akan diskusikan dengan pemerintah kemungkinan pendelegasian urusan yang berkaitan dengan desa hanya dipusatkan di setiap kecamatan. Kita akan melakukan dialog secara intensif dengan mitra komisi agar niat ini bisa direalisasikan,” ungkapnya.

“Kanyataan saat ini pemerintah sangat kelabakan terkait berbagai urusan terkait desa. Urusan LPJ desa saja tidak beres-beres karena semua urusan dihendel Kabupaten. Seandainya urusan seperti ini dilimpahkan ke Camat maka BPMPD dan PPKAD hanya menerima hasil dan laporan final. BPMPD justru bisa melakukan tugas dan terobosan lain untuk memperkuat Camat dan memperlancar urusan di desa,” tambahnya.

Disebutkan, sekarang pemerintah kesulitan untuk melakukan pentransferan ADD dari pusat lantaran laporan dari desa belum tuntas. Kalau diserahkan ke camat tentu akan lebih mudah dan tidak membebani urusan di pemerintah daerah. Pihaknya akan lakukan terobosan kedepan. “Kita akan diskusikan dengan pemerintah hal apa saja yang perlu dilimpahkan ke camat supaya pelayanan di desa bisa optimal dan tidak tersendat. Pendelegasian kewenangan itu penting untuk efesiensi. Kita inginkan kades harus sering di desa membangun bersama rakyat tetapi kenyataannya mereka sering meninggalkan desa untuk rapat berhari-hari di Kabupaten sehingga terkesan hanya membuang waktu dan sangat tidak efisien dalam konteks pelayanan masyarakat desa,” bilangnya. (boni)

Baca Juga :   HUT ke-20 Kota Kupang, Wali Kota Ingin Dirayakan Secara Istimewa
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top