RAGAM

Stok Obat di 17 Puskesmas Memadai

BETUN, Kilastimor.com-Ketersediaan obat di 17 Puskesmas di Kabupaten Malaka sangat cukup untuk melayani pasien. Kalau memang jenis penyakitnya agak berat dan membutuhkan perawatan khusus, maka akan dirujuk ke RSPP Betun atau rumah sakit lain yang memiliki kualifikasi yang lebih tinggi.
Hal itu disampaikan, Plt.Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, P. Frida Fahik kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (8/6).

Frida Fahik

Frida Fahik

“Intinya untuk saat ini, 17 Puskesmas di Malaka siap melakukan pelayanan kesehatan dasar karena obat-obatan sangat cukup persediaannya. Jika tidak, akan dirujuk ke rumah sakit Betun atau rumah sakit yang lebih tinggi kelasnya.
Persediaan obat-obatan biasanya kita siapkan untuk kebutuhan satu tahun dan persediaannya saat ini sangat cukup,” paparnya.

Persediaan obat biasanya telah diperhitungkan untuk satu tahun, dan tidak terjadi kekurangan. Kekurangan terjadi, bila ada peningkatan kasus atau kejadian luar biasa lainnya. Kalau terjadi kejadian luar biasa maka kita sudah melakukan antisipasi sehingga tidak mengalami kekurangan obat untuk melakukan pelayanan dasar,” timpalnya.

Sementara itu, dari ke 17 Puskesmas itu semuanya sudah memiliki dokter untuk melakukan pelayanan disana. “Tadi pagi ada empat dokter muda yang melaporkan diri untuk bertugas dan sementara kita lakukan orientasi untuk selanjutnya didistribusikan pada empat puskesmas di Malaka. (boni)

Baca Juga :   Kejadian Luar Biasa, Pemkab Malaka Harus Serius Tangani Korban Kekeringan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top