RAGAM

TNS Kemenkes Jatahi Kabupaten Kupang 10 Tenaga Kesehatan

OELAMASI, Kilastimor.com-Sebagai bagian dari implementasi program nasional Indonesia Sehat, Kementerian Kesehatan menjatahi Kabupaten Kupang sebanyak 10 tenaga kesehatan. 10 orang tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat (TNS), Kementerian Kesehatan RI itu, diterima secara langsung Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paut. Demikian press release yang diterima kilastimor.com dari Humas Pemkab Kupang, Rabu pagi tadi.

Tenaga kesehatan dari TNS pose bersama Sekda Kabupaten Kupang dan jajarannya.

Tenaga kesehatan dari TNS pose bersama Sekda Kabupaten Kupang dan jajarannya.

Staf Kemenkes RI, Fransiska pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang dilakukan Pemkab Kupang. Dijelaskan, TNS merupakan program bantuan tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan bagi daerah-daerah tertinggal di Indonesia yang memiliki tenaga kesehatan dengan jumlah terbatas.

Dirinya berharap, kehadiran TNS, pelayanan kesehatan masyarakat dapat menjadi semakin baik, dan juga memperkuat pelayanan Puskesmas serta menolong masyarakat didaerah yang tenaga kesehatannya masih kurang. “Tenaga TNS kami siap untuk mengabdi dan melayani masyarakat karena telah dipersiapkan secara baik melalui pelatihan-pelatihan dan berkomitmen untuk mendukung kemajuan kesehatan bangsa,” Ungkap Fransiska.

Dia menambahkan, TNS ini akan bertugas selama 2 tahun, di wilayah Kabupaten Kupang. 10 TNS itu berprofesi sebagai dokter gigi, ahli gizi, bidan, ahli farmasi maupun tenaga perawat. Rencananya TNS inj selama bertugas di kabupaten Kupang, akan ditempatkan di Puskesmas Akle Kecamatan Semau Selatan dan Puskesmas Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan.

Baca Juga :   Persemal Tim Terbaik, Persab Belu Juara IV ETMC 2017

Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paut dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, yang kembali mengirimkan tenaga kesehatan melalui Program Nusantara Sehat tahun 2016. Dia berharap, kehadiran TNS di Kabupaten Kupang akan melengkapi personel kesehatan di Kabupaten Kupang, yang jumlahnya masih terbatas.

“Kehadiran adik-adik adalah berkat Tuhan yang patut kami syukuri. Laksanakan tugas pengabdian saudara dengan sebaik-baiknya sehingga kehadiran kalian menjadi berkat bagi masyarakat yang dilayani,” ungkap Paut.

Hendrik memastikan akan terus berkoordinasi, demi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Apabila para TNS menemui kendala-kendala di lapangan, maka dapat menyampaikan langsung kepada dirinya maupun kepada Kadis untuk bisa dicarikan solusinya,” papar dia.

Sementara itu, Ahmad Setiawan salah satu tenaga TNS yang mengabdi di Puskesmas Akle, Kecamatan Semau Selatan mengungkapkan, dirinya sudah siap lahir dan batin untuk laksanakan tugas dengan baik dimanapun dia ditempatkan.

Menurutnya, pembangunan bangsa akan terjadi jika masyarakatnya sehat, sehingga memotivasi dirinya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kepada Pimpinan Dinas dan Puskesmas, Ahmad meminta untuk dapat memberikan mereka nasihat, didikan dan arahan agar pelayanan mereka menjadi maksimal. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top