EKONOMI

Revolusi Pertanian Harus Berorientasi Pasar. Pemerintah Harus Siapkan Lembaga Ekonomi Mikro

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka harus mempersiapkan lembaga ekonomi mikro seperti koperasi agar mampu menampung dan memasarkan hasil produksi masyarakat. Sejak dini kelembagaan ekonomi mikro itu perlu disiapkan sehingga hasil produksi dari pelaksanaan revolusi pertanian tidak jatuh ke tangan tengkulak.
Hal itu disampaikan Wakil Ketua komisi II DPRD Kabupaten Malaka, Ronaldo Asury kepada wartawan di Betun, Sabtu (18/6).

Ronaldo Asury

Ronaldo Asury

Kelembagaan ekonomi mikro jelasnya, mulai saat ini harus dipersiapkan sehingga ketika petani kelimpahan hasil produksi maka harus dijual pada lembaga ekonomi yang pro kepentingan petani. Jangan biarkan petani bebas menjual hasilnya disembarang tempat, agar tidak terjebak dalam permainan tengkulak yang sangat merugikan petani.

“Pemerintah harus belajar dari pengalaman yang selama ini terjadi di masyarakat. Sejak melakukan penanaman dan pemupukan petani kita sudah terjebak dalam permainan rentenir. Biasanya mereka ambil uang untuk membajak sawah, membeli pupuk dan menyewa pekerja. Alhasil, walau panenan berlimpah namun petani tidak menikmati hasil panenan itu karena harus membayar tengkulak yang sudah siap memanen hasil,” paparnya.

Pemerintah juga harus menyiapkan kelembagaan ekonomi yang bisa melayani kebutuhan masyarakat seperti pembelian pupuk dan obat-obatan, kebutuhan petani sehari-hari serta koperasi yang memberikan pinjaman lunak kepada petani untuk membiayai anak sekolah dam keperluan hidup sehari-hari.

“Kita tetap mendorong dan mendukung kegiatan revolusi pertanian yang dicanangkan pemerintah. Revolusi itu jangan hanya sebatas pengolahan lahan dan produksi hasil pertanian tetapi harus menyentuh pasca panen agar hasil panenan itu beroientasi pasar dan menguntungkan petani kita sehingga pelaksanaan revolusi pertanian benar-benar memberikan nilai tambah bagi petani Malaka. (boni).

Baca Juga :   Tutup Rangkaian HUT RI, Bupati Malaka Gelar Resepsi Kenegaraan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top