RAGAM

Atasi Banjir, Pemkab Malaka Lakukan Normalisasi Alur Sungai Benenain dan Tinggikan Tanggul

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka tetap memperhatikan penanganan banjir di Kabupaten Malaka. Pemerintah sudah berkeliling melihat dari dekat penyebab banjir guna mengatasinya melalui program.
Sementara untuk efek banjir tetap mendapatkan perhatian pemerintah untuk ditindak lanjuti sesuai keadaan yang dihadapi di lapangan. Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan di Betun, Senin (18/7).

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Untuk menangani banjir paparnya, pihaknya harus cari tahu penyebab banjir dan juga menangani efek banjir bagi rakyat. Mengatasi penyebab banjir bukan dengan mie. “Kita sudah melakukan pemantauan di lapangan ternyata penyakitnya adalah kapasitas sungai untuk menampung air hujan tidak cukup dan terlalu kecil. Dalam arti, Sungai dangkal dan tebingnya rendah. Cara mengatasinya dengan kasih dalam itu sungai dan kasih tinggi itu tebing,” terangnya.

“Kita juga kurangi air hujan ke sungai, dengan membuat embung-embung baik di Motadelek dan Benenain. Kalau efek banjir kepada rakyat kita lihat. Kalau sumur kemasukan banjir maka dibersihkan dan diberikan kaporit untuk sterilisasi air,” paparnya.

Dirinya sudah berkeliling semua di Forekmodok sampai Railor serta beberapa desa di Malaka Barat. Pihaknya sudah melihat dan dinas teknis sudah buat kajian. Hasilnya, harus buat saluran untuk memperlancar jalannya air. Kita bukan pemadam kebakaran, jadi harus kerja sesuai kajian dan tahapan,” tambah mantan Kadis Ksehatan Provinsi NTT itu.

Baca Juga :   Resmi!!! 594 Orang Lolos SKD Tes CPNSD Belu

Di Motaulun, Maktihan dan Naas, saluran air harus dikerjakan, ada yang dialirkan ke Weliman dan ada yang dialirkan ke laut sehingga tiap tahun kita tidak mengalami hal yang sama. Saluran air harus dikerjakan dan harus direncanakan secara baik.

Begitupun di Kali Motadelek, harus lakukan normalisasi kali dan penguatan tebing melalui bronjong, tentunya akan dianggarkan dalam APBD. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top