HUKUM & KRIMINAL

BNNK Belu Lakukan Pemetaan Jaringan Sindikat Narkoba di Belu, TTU dan Malaka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Gencar laksanakan sosialisasi pencegahan bahaya narkoba terhadap masyarakat, Badan Nasional Narkoba Kabupaten (BNNK) Belu juga sedang melakukan pemetaan jaringan sindikat narkoba, baik yang di wilayah Belu juga Malaka dan TTU.
“Personil kita dari seksi pemberantasan (rantas) sedang lakukan pemetaan jaringan sindikat narkoba dan sampai sekarang masih berlanjut,” ungkap Kepala BNNK Belu, Ferdinandus Bone Lau yang dihubungi media di ruang kerja, Rabu (27/7).

Ferdinandus Lau Bone

Ferdinandus Lau Bone

Jelas Lau, tujuan dilakukannya pemetaan jaringan sindikat narkoba di ketiga wilayah guna mengetahui titik-titik rawan peredaran barang haram tersebut. “Pemetaan ini untuk kita tahu lalulintas peredaran narkoba juga penyalagunaan,” ujar dia.

Lanjut dia, di bidang P2M kita lagi lakukan pencegahan dengan cara desiminasi informasi sosialisasi baik dalam bentuk langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“Sementara tidak langsungnya kita sosialisasi lewat media elektronik maupun cetak, juga penyebaran informasi lewat stiker-stiker untuk mencegah agar tidak penyalagunaan narkoba,” ujar Lau.

Terkait hal itu, Edy Lau sapaan karibnya meminta kepada seluruh unsur elemen masyarakat di wilayah Belu untuk satu gerakan bersama menolak dengan tegas penyebaran dan penggunaan narkoba yang merusak bahkan membunuh masyarakat.

Tambah dia, fasilitas untuk tes urine telah ada. Rencananya pada bulan depan BNNK agar melakukan tes urine, namun demikian pihaknya masih akan lakukan koordinasi dengan instansi terkait juga beberapa lembaga unsur lainnya yang akan dilibatkan.

Baca Juga :   KPU Tetapkan 451 DPT Tambahan Pertama

“Untuk razia sudah kita lakukan secara gabungan BNN dan Kanwil Kehakiman beberapa bulan lalu. Sementara razia sudah di bulan Mei lalu, untuk kedepan kita masih akan koordinasi lanjut dengan pihak-pihak terkait,” pungkas Lau. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top