RAGAM

Buka Isolasi, Pembangunan Infrastruktur Jalan di Rinhat Penting Digenjot

BETUN, Kilastimor.com-Warga Kecamatan Rinhat sangat mendukung program pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kecamatan Rinhat guna memperlancar akses transportasi barang dan orang yang melintasi wilayah itu.
Pembangunan infrastruktur jalan di Rinhat, bisa menghubungkan Malaka dengan TTS dan jalur tengah bisa menghubungkan Malaka dengan Kabupaten TTU.
Kalau jalan sudah baik, maka roda perekonomian masyarakat bisa maju dan berkembang kedepan. Hal itu disampaikan Camat Rinhat, Albertus Bria kepada wartawan di Betun, Kamis (28/7).

Albertus Bria

Albertus Bria

Secara keseluruhan 20 desa yang berada di wilayah Kecamatan Rinhat kondisi jalannya masih parah dan berbatu lantaran belum adanya peningkatan pembangunan jalan di wilayah itu.

Selama ini melalui program PNPM dan ADD masyarakat sudah membuka isolasi antar desa dan dusun namun kondisinya masih tetap parah karena masih membutuhkan peningkatan jalan, agar bisa melancarkan arus transportasi di wilayah itu. Kalau mau baik, secara bertahap pemerintah harus bisa membangun dengan hotmix.

Yang pasti kondisi jalan raya di wilayah Kecamatan Rinhat masih membutuhkan perhatian serius pemerintah untuk dibangun. “Kita beri apresiasi kepada pemerintah karena dalam tahun ini mau membangun jalan hotmix sepanjang 10 km dengan titik nol dari Puskesmas Biudukfoho ke jurusan Barat Tafuli-Boen-Wekeke yang menggunakan dana DAK dan APBD II Malaka. Langkah pemerintah itu sangat tepat karena bisa membuka isolasi dan memperlancar arus transportasi dari Biudukfoho menuju bagian Barat Rinhat hingga Kabupaten TTS,” kata dia.

Baca Juga :   Bagi JPS di Rinbesi, Wabup Belu Ajak Masyarakat Pertahankan Zona Hijau

Pihaknya tetap mendorong agar kedepan pembangunan ruas jalan menuju TTU juga bisa dilakukan agar isolasi di wilayah itu bisa dibuka. Kecamatan Rinhat sangat kaya dengan potensi hasil hutan seperti kayu jati milik masyarakat, asam, kemiri, hasil pertanian dan ternak sapi. Kalau jalannya bagus maka akan memudahkan masyarakat melakukan usaha dan menekan biaya pengangkutan hasil. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top