EKONOMI

Catatan Refleksi Menuju Revolusi Pertanian Malaka (2). Penyuluh Minim fasilitasi untuk Mendukung Pekerjaan di Lapangan

BETUN, Kilastimor.com-Penyuluh Pertanian, Willybrodus Dua mengungkapkan, Seorang penyuluh pertanian diibaratkan sebagai garda depan yang harus bertempur dimedan perang. Senjatanya adalah ilmu pertanian terpadu yang dimiliki, namun harus dilengkapi dengan amunisi yang memadai untuk berperang. Kenyataan dilapangan saat ini, penyuluh itu ibarat tukang yang tidak memiliki peralatan saat bekerja. Ibaratnya, tukang tanpa alat.

Ilustrasi irigasi dan padi.

Ilustrasi irigasi dan padi.

Untuk mengoptimalkan pekerjaan penyuluh maka perlu difasilitasi. Administrasi perkantoran dan kelengkapannya perlu ada sebagai persyaratan minimal untuk bekerja. Untuk sementara kita bekerja seperti tukang tanpa alat. Untuk mengetahui unsur kandungan hara dalam tanah, mengukur kadar garam, ketinggian dari permukaan dari permukaan laut perlu difasilitasi dengan alat untuk bisa bekerja di lapangan. Hal ini sudah diusulkan namun belum dipenuhi semenjak masih bergabung di Belu. Harga peralatan itu murah namun sangat bernilai untuk melakukan pekerjaan penyuluh.

Dari aspek transportasi, total 13 penyuluh yang ada baru lima penyuluh yang memiliki kendaraan bermotor sehingga sangat berpengaruh untuk koordinasi dan bekerja di lapangan. Kalau mau maju maka fasilitas kendaraan bagi penyuluh perlu mendapatkan perhatian pemerintah karena beban kerja yang dipikul setiap penyuluh sama . “

“Perlengkapan kantor seperti ATK Penyuluh perlu diadakan untuk melancarkan pembuatan laporan sesuai ketentuan yang diberikan. Sarana komunikasi seperti HP juga penting untuk kecepatan laporan baik melalui gambar yang aktual dan informasi yang cepat di lapangan. Pada umunya secara pribadi memiliki sarana itu tetapi kenyataannya banyak alasan seperti batrei low, tidak ada pulsa dan lain sebagainya. Kalau mereka difasilitasi maka akan muncul beban psikologis, sehingga mereka pasti melakukan dan bertanggung jawab. BMG menggunakan strategi itu. Untuk mengetahui perkembangan cuaca yang cepat dan up to date BMG memberikan alat komunikasi berupa HP. Alhasil, laporan perkembangan cuaca setiap saat dapat di up date sesuai kebutuhan dan harapan. (bersambung)

Baca Juga :   Wali Kota Kupang Hadiri Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top