EKONOMI

Desa Motaulun Prioritaskan Saprodi Pertanian

BETUN, Kilastimor.com-Dalam rangka mendukung program Bupati/Wabup Malaka, Desa Motaulun dalam kebijakan dan perencanaan anggaran ADD tahun 2016 mengutamakan penyediaan Sarana Produksi Pertanian (Saprodi). Khusus untuk dana pemberdayaan akan dimanfaatkan untuk membeli hand tractor, mesin perontok padi, alat semprot, obat-obatan serta pupuk.

Kades

Andreas Klau

Kepala Desa Motaulun, Andreas Klau kepada wartawan di Motaulun, Minggu (3/7-2016) membenarkan hal itu. Pihaknya sudah melakukan rapat dengan seluruh anggota BPD dan tokoh masyarakat Desa Motaulun dan sesuai aspirasi yang berkembang dalam rapat itu masyarakat membutuhkan sarana produksi pertanian untuk mendukung usaha pertanian masyarakat. Pengalokasian anggaran itu sekaligus sebagai bentuk apresiasi masyarakat desa Motaulun untuk mendukung dan mensukseskan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Malaka yakni Revolusi Pertanian.

Pagu ADD Desa Motaulun tahun 2016 sebesar Rp 945 juta. Pengalokasiannya sesuai perencanaan dan SK Bupati Malaka dengan perincian 30 persen untuk biaya operasional dan 70 persen untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. “Kita sudah rapat dengan masyarakat dan sebagian besar menghendaki mendukung refolusi pertanian yang dicanangkan pemerintah. Kebutuhan yang mendesak saat ini untuk pengadaan traktor, mesin perontok padi, obat-obatan dan Pupuk. Khususnya untuk pupuk tiap tahun kita sering mengalami kekurangan karena masyarakat tidak bisa membeli karena tidak memiliki uang atau stok pupuk dipasaran tidak ada,” katanya.

Baca Juga :   IFGF Conference 2017, Jimmy Untoro : Umat Tuhan Harus Forward

Ketika ditanya wartawan seputar pengukuran lahan pertanian masyarakat untuk pelaksanaan kegiatan revolusi pertanian, Kades Ande begitu panggilan akrabnya mengatakan pihaknya sudah melakukan pengukuran lahan tidur. Lahan basah seluas 25 hektar. Sementara lahan yang sementara diolah masyarakat seluas 150 hektar lebih.
“Harapan kita kebutuhan masyarakat yang aling urgen diperhatikan dan diintervensi oleh Pemerintah Kabupaten Malaka melalui berbagai kinerja anggaran yang ada. Kita tetap membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka terkait berbagai kebutuhan masyarakat desa Motaulun dengan harapan bisa diintervensi melalui berbagai kinerja anggaran yang ada untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top