RAGAM

Dinkes Malaka Layani dan Pantau Kesehatan Warga Korban Banjir

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada warga terutama bagi warga yang terdampak banjir. Warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan pada pusat pelayanan kesehatan yang tersebar di desa-desa yang terdampak banjir. Puskesmas tetap memantau perkembangan di desa-desa untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Hal itu disampaikan Plt.Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Frida Fahik kepada wartawan di Betun, Jumat (15/7).

Frida Fahik

Frida Fahik

Menurut Frida, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai puskesmas terutama bagi wilayah Puskesmas yang terdampak banjir. Ketersediaan obat-obatan saat ini cukup memadai sehingga tidak ada persoalan dalam melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Semua Puskesmas sudah siap dan pusat pelayanan kesehatan di desa-desa juga sudah siap melakukan antisipasi terkait semua kemungkinan yang terjadi. Warga yang mau berobat silahkan mendatangi pusat-pusat pelayanan kesehatan yang berada disetiap desa. Tenaga kesehatan yang bertugas juga siap melayani masyarakat disetiap desa.

Terkait Ketersediaan Kaporit, dinas Kesehatan menyediakan Kaporit guna melayani kebutuhan masyarakat melalui berbagai puskesmas yang ada. Kita antisipasi bagi warga yang sumurnya tercemar banjir. Setelah sumur dibersihkan bisa diberikan kaporit untuk membunuh kuman-kuman yang menyebar dalam sumur akibat banjir. Banjir

Ketika dikonfirmasi wartawan terkait Puskesmas Pembantu di desa Rabasa Haerain yang digenangi banjir hampir satu meteran, Kadis Frida mengatakan bahwa walau gedung puskesmasnya terendam banjir namun pelayanan tetap dilakukan di desa itu menggunakan fasilitas pemerintah lainnya atau pada rumah penduduk yang tidak terdampak banjir. Kita sudah melakukan pengecekan dan disana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pada petugas pustu yang selalu siap di desa Rabasa Haerain. (boni)

Baca Juga :   Pemda Belu Siapkan Rp 25 Miliar untuk JPS. "Masih Verifikasi Data"
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top