RAGAM

Dinkes Malaka Siapkan Obat-Obatan dan Kaporit Bagi Masyarakat Korban Banjir

BETUN, Kilastimor.com-Banjir yang terjadi pekan lalu, telah menimbulkan sejumlah dampak, salah satunya dampak kesehatan. Atas kondisi itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka melalui Dinas Kesehatan proaktif mengantisipasi terjadinya negatif bagi kesehatan masyarakat. Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai sarana berupa obat-obatan untuk mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi.

Frida Fahik

Frida Fahik

Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka,Frida Fahik di Betun, Selasa (19/7) menjelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan semua stake holder di dinas kesehatan, supaya tetap siaga dan merespons setiap perkembangan yang terjadi terutama dampak kesehatan pasca banjir. Semua Puskesmas saat ini sangat siap melayani masyarakat. Sarana berupa persediaan obat-obatan cukup memadai di Puskesmas, sehingga tidak ada persoalan. “Kita sudah mengantisipasi menyediakan kaporit disetiap Puskesmas, agar segera diberikan kepada warga yang membutuhkan untuk mensterikan sumur yang terkontaminasi banjir. Kita minta kepada semua petugas kesehatan di berbagai puskesmas, pustu dan polindes, agar tetap melakukan pemantauan di lapangan, sehingga kasus-kasus kesehatan pasca banjir dapat dieliminir seperti diare dan gatal-gatal,” timpalnya.

Fokus pemantauan paparnya, dilakukan pasca banjir di wilayah Aintasi–Malaka Tengah dan beberapa desa di wilayah Malaka Barat seperti Desa Sikun, Oanmane, Rabasa, Loofoun dan Rabasa Haerain, Motaulun, Maktihan dan Naas.

“Kita menghimbau kepada masyarakat supaya tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi air yang sudah dimasak agar tidak berdampak bagi kesehatan. Orang tua diharapkan tetap memantau anak-anaknya agar tetap bersih setelah bermain lumpur dan air yang terkontaminasi banjir. Kalau warga mengkonsumsi air yang sehat akan menghindarkan masyarakat dari penyakit diare dan tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan,” tukasnya. (boni)

Baca Juga :   Bupati Bere Dukung Pembukaan SMPN Kelas Jauh Babotin
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top