RAGAM

Florita Besin Ancam Gugat Pemkab Belu. DPRD: Sebaiknya Diterbitkan Surat Keterangan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komisi I DPRD Belu menyarankan ke Bupati Belu agar segera menandatangani surat keterangan bagi bakal calon Kepala Desa Lasiolat, Florita Besin.
Demikian kesimpulan Komisi I DPRD Belu yang dibacakan oleh Ketua Komisi Eduard Mau Boy dalam pertemuan bersama warga dan mantan Kades Lasiolat, Jumat (1/7/2016).

Komisi A DPRD Belu melakukan dialog dengan masyarakat Lasiolat.

Komisi A DPRD Belu melakukan dialog dengan masyarakat Lasiolat.

Menurut Mau Boy, surat keterangan tersebut sesuai dengan Perda No 6 Tahun 2015, yang memuat tentang bersangkutan tidak pernah diberhentikan dengan hormat, dan tidak pernah menjabat sebagai Kades tiga kali.
“Intinya Komisi sarankan ke Bupati Belu tandatangan surat keterangan untuk bakal calon Kades Lasiolat,” ujar dia.

Terkait hal itu, Florita Besin usai pertemuan kepada media mengatakan, keputusan yang diambil terkait tidak dikeluarkannya surat keterangan bagi dirinya sebagai calon Kades tidak termuat dalam Perda yang ada.

“Saya sudah kantongi surat keterangan dari Penjabat Bupati lalu, sesuai Perda yang berlaku. Sebenarnya SK yang sudah ada hanya dipertegas oleh Bupati lagi, tapi sampai hari ini belum dapat suratnya,” ucap dia.

Menurut Besin, dirinya baru satu kali menjabat sebagai Kepala Desa Lasiolat dan masa jabatan telah berakhir pada bulan November tahun 2015 lalu. Selain itu, LPJ dan LPPD semuanya sudah dilakukan. “Saya baru mau calon Kades yang kedua. Semua persyaratan sudah lengkap, hanya tinggal surat keterangan. Saya tidak mengerti padahal semua sudah saya lakukan,” kata mantan Kades itu.

Baca Juga :   KPU Kota Kupang Siapkan Logistik Pemilu 2019

Apabila tidak dikeluarkannya surat tersebut tegas Besin, dirinya akan menempuh proses hukum. Pasalnya sebagai warga negara haknya untuk mengikuti Pilkades telah dihilangkan.
“Ada tiga calon termasuk dengan saya untuk maju di Pilkades Lasiolat. Saya tidak ambisi mau jadi calon kades, tapi masyarakat yang meminta untuk kembali maju,” pungkas Besin. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top