RAGAM

HUT ke-133, Paroki Atapupu Gelar Prosesi Naifeto Lalean

ATAMBUA, Kilastimor.com-Paroki St. Stella Maris Atapupu akan menggelar prosesi Naifeto Lalean (Bunda Surgawi) tahun ke-empat di perairan Atapupu, Belu, NTT, Indonesia 1 Agustus mendatang.
Perarakan patung Bunda Maria Sang Bintang Samudera oleh umat Katolik Paroki Atapupu untuk mengenang misi gereja atas penyebaran agama Katolik pertama kali di tanah Timor.

Dok. Prosesi Laut Paroki Atapupu.

Dok. Prosesi Laut Paroki Atapupu.

Hal tersebut dibuktikan dengan dibangunnya gereja Atapupu 1 Agustus 1833 silam, dan merupakan gereja pertama kali yang didirikan di tanah Timor. Ditahun 2016 ini, gereja paroki St. Stella Maris Atapupu genap berusia 133 tahun.

Prosesi itu sendiri memiliki keunikan tersendiri, dimana sebelum puncak prosesi wisata religius melalui laut itu, terlebih dahulu Patung Bunda Maria diarak umat paroki dari satu stasi ke stasi maupun lingkungan selama lima hari, sejak Selasa 26 Juli lalu.

“Prosesi patung santa maria ini menuju 133 tahun paroki Atapupu pada tanggal 1 Agustus mendatang,” ungkap Pastor Pembantu Paroki Atapupu, Romo Yoris Giri, Pr yang dihubungi media ini, Kamis (28/7).

Menurut Romo Yoris, proses hari pertama sudah digelar pada Selasa 26 April lalu. Patung diarak seluruh umat ke Silawan. Setelah semalam didiamkan umat patung diarak lanjut ke Mota’ain, kemudian Kenebibi lanjut ke Fatuketi, Lakafehan dan ke teluk Gurita.

“Hari Senin tanggal 1 Agustus, umat Katolik Paroki Atapupu mengarak patung Bunda Maria Sang Bintang Samudera melalui laut dari teluk Gurita menggunakan perahu menuju pelabuhan TPI,” ujar dia.

Baca Juga :   Kalahkan Persema Malaka, Persami Maumere Memastikan Diri ke Final

Setibanya di pelabuhan, patung suci teresebut diterima umat dan diiringi tarian penyambutan, dilanjutkan dengan perarakan oleh seluruh umat menuju ke Gereja St. Stella Maris Atapupu dan diakhiri dengan kegiatan perayaan misa. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top