RAGAM

Jalur Selatan Trans Timor Terancam Putus. Bupati Malaka: Segera Tangani dengan Dana Tanggap Darurat

BETUN, Kilastimor.com-Ruas jalan Trans Timor jalur Selatan Timor terancam lumpuh. Pasalnya, jembatan Wekenon-Desa Haitimuk-Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka nyaris putus akibat longsor akibat hujan yang berkepanjangan beberapa hari terakhir. Apabila tidak ditangani segera, maka ruas jalan itu tidak akan berfungsi dan lumpuh. Pemerintah segera melakukan penanganan menggunakan dana tanggap darurat. Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan di Betun, Senin (18/7).

Dinas PU Malaka mengukur jembatan Wekenon untuk diperbaiki.

Dinas PU Malaka mengukur jembatan Wekenon untuk diperbaiki.

Disebutkan, penanganan ruas jalan itu akan lakukan menggunakan dana tanggap darurat, agar tidak terjadi longsor yang lebih besar dan mengakibatkan jembatan ambruk, dan bisa melumpuhkan arus transportasi yang melewati ruas jalan itu. Ini jalan strategis nasional yang menghubungkan negara Timor Leste-Betun- Boking TTS menuju Kota Kupang, Ibukota Propinsi melalui jalur selatan Timor. “Tadi kita sudah meminta dinas teknis melakukan penanganan di lapangan supaya arus transportasinya lancar dan tidak terganggu,” sebutnya.

Kadis PU Kabupaten Malaka, melalui Kabid Bina Marga, Yulius Bria kepada wartawan di Wekonon Haitimuk mengatakan ini jembatan Wekenon kondisinya nyaris putus, akibat longsor. Jembatan itu akan terus tergerus, jika tidak ditangani segera. Bupati sudah perintahkan untuk ditangani dengan dana tanggap darurat.
“Kita harus cepat melakukan penanganan supaya jalan itu tidak putus total karena tidak ada jalan alternatif yang bisa digunakan karena kondisi geografis yang tidak memungkinkan untuk itu,” paparnya.

Baca Juga :   Dua Warga Timor Leste Ditemukan Tewas di Rudenim Atambua

“Tadi tim teknis kita sudah mengukur titik yang mau diperbaiki dengan Panjang 10 meter, tingginya 8 meter dan lebar 5 meter. Kita akan fokus melakukan penanganan sehingga bisa selesai secepatnya agar dimanfaatkan masyarakat dengan baik dan aman,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top