RAGAM

Kabupaten Malaka Usulkan 15 Ribu Ton Pupuk

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka tahun ini mengusulkan pengadaan pupuk kepada Pemrov NTT sebanyak 15 ribu ton untuk jenis Urea, TSP dan KCL. Hari ini Pemkab sudah menyurati Provinsi agar Gubernur NTT menetapkan SK kuota pupuk sesuai yang dibutuhkan.

Ilustrasi Pupuk

Ilustrasi Pupuk

Plt. Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/7) mengemukakan, surat pemberitahuan ke Pemprov NTT sudah dikeluarkan pemerintah, agar memperhatikan kebutuhan pupuk bagi warga Kabupaten Malaka tahun 2016/2017. “Tadi pagi kita sudah surati Dinas Pertanian Provinsi NTT agar memperhatikan dan menaikkan kuota pengadaan pupuk bagi Kabupaten Malaka,” terangnya.

Dikatakan, kuota yang diusulkan berdasarkan perhitungan dan diprediksi kebutuhan pupuk tahun 2016/2017. Kalau tidak diajukan maka kita hanya diakomodir 913 ton seperti sebelumnya, dan pada gilirannya mengalami kekurangan pupuk. Kebutuhan 15 ribu ton pupuk itu hanya untuk memenuhi kebutuhan petani tahun ini. Tahun 2017 kebutuhan pupuk semakin meningkat sejalan dengan luas lahan yang dikerjakan masyarakat. “Kita tetap mengusulkan sesuai ketersediaan dan luas lahan yang diolah sehingga kebutuhan akan pupuk tetap terpenuhi. Kalau Gubernur menetapkan SK kuota pupuk sesuai usulan kita maka selanjutnya tinggal disiapkan PT. Pupuk Kaltim,” imbuhnya.

Untuk benih katanya, pihaknya sudah melelang dan pemenangnya sudah ada. Sementara dibuatkan SPKnya. “Ini untuk MT 1 2016/2017. Kita adakan benih padi, jagung dan kacang. Sesuai perhitungan , benih itu sudah ada satu bulan sebelum MT 1 2016/2017, sehingga petani tidak mengalami kesulitan menanam. Kekurangan benih MT 1 tidak ada karena kita sudah antisipasi pengadaannya lebih awal,” tuturnya. (boni)

Baca Juga :   Diduga Simpan Bensin, Bengkel Milik Wadi Disamping Hotel Cinta Damai Betun Ludes Terbakar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top