RAGAM

Kadis PKPO Malaka Berang Soal Kebersihan Kantor

BETUN, Kilastimor.com-Plt. Kadis PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran berang soal kebersihan lingkungan kantor yang tidak diperhatikan pegawai. “Tolong ambil sapu, saya mau sapu. Kantor kog kotor begini…. O Moe ka lale,” ungkapnya spontan yang dilontarkan kadis Bria Seran kepada pegawai saat melihat kondisi lingkungan kantor dinas PKPO Malaka dalam keadaan kotor tertimbun dedaunan yang tidak dibersihkan pegawai, Rabu (13/7) di Betun-Kabupaten Malaka.

Petrus Bria Seran

Petrus Bria Seran

Melihat tindakan kadis Bria Seran seperti itu, para pejabat eselon di lingkup dinas PKPO Kabupaten Malaka lari terbirit-birit keluar ruangan dan masing-masing mencari sapu lalu membersihkan halaman kantor yang terlihat penuh dedaunan pohon. Tidak hanya itu, para pegawai terlihat mulai mengatur parkir kendaraan roda dua secara teratur di samping halaman kantor.

Ini budaya bersih yang harus ditanamkan dibidang pendidikan dan harus dimulai dari dinas Pendidikan. Seluruh pegawai di dinas PKPO harus menjadi garda depan untuk masalah kebersihan lingkungan pendidikan.
Tradisi selama imi, orang maunya sebebas bebasnya tanpa pengendalian. Untuk itu seorang pemimpin harus peka dan ambil inisiatif dan harus dimulai dari pemimpin yakni Kepala dinas.

“Tadi saya tidak suruh mereka sapu halaman tetapi hanya meminta sapu supaya saya membersihkan halaman. Secara spontan mereka keluar membawa sapu masing-masing membersihkan halaman secara bersama. Tadi saya tidak suruh mereka kerja tetapi sesuai adat kita kalau orang tua sudah kerja maka anak harus menyesuaikan. Tadi mereka semuanya keluar secara spontan dan itu membuktikan bahwa pegawai di PKPO masih memiliki budaya dan tahu tata krama. Kita harus mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil dan mulai dari saat sekarang. Itu harus ditanamkan kepada semua pegawai dinas PKPO agar peka dan bisa menjadi contoh kebersihan bagi semua lembaga pendidikan di Malaka,” pungkasnya. (boni)

Baca Juga :   VIAR Gugur, Pilkada Belu Tanpa Pasangan Perseorangan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top