RAGAM

Kaum Ibu di Malaka Diminta Waspadai Kanker Serviks. Puskesmas Malaka Barat Gelar Sosialisasi

BETUN, Kilastimor.com-Masyarakat Kabupaten Malaka khususnya kaum ibu diminta mewaspadai kanker serviks atau kanker mulur rahim yang setiap kali bisa diidap warga tanpa disadari. Kaum ibu perlu diberi pemahaman yang benar terkait jenis kanker itu, agar memahami penyebab, gejala dan cara mengatasinya, supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit itu.
Hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Malaka, melakukan sosialisasi dan pemeriksaan kepada ibu-ibu agar mengetahui seluk beluk kanker serviks serta upaya penanganannya.
Hal itu disampaikan Plt .Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Frida Fahik kepada wartawan di Betun, Jumat (29/7).

Frida Fahik

Frida Fahik

Hari ini kegiatan itu dipusatkan di Puskesmas Besikama dihadiri ibu-ibu dari seluruh puskesmas yang menyebar di Kabupaten Malaka. “Kita apresiasi kegiatan itu karena bisa memberikan pemahaman yang benar bagi ibu-ibu terkait kanker serviks, gejala yang ditimbulkan termasuk cara mengatasinya. Kegiatan itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada ibu-ibu yang hadir untuk mendekteksi apakah mengidap penyakit kanker serviks atau tidak. Kalau memang dalam pemeriksaan itu ada ditemukan gejala atau mengidap maka akan ditindak lanjuti dengan upaya pengobatan,” sebutnya.

Kepala Puskesmas Besikama, Johanis Blegur kepada wartawan disela acara kegiatan itu mengatakan pihaknya tetap menfasilitasi kegiatan itu . Menurut Blegur, kegiatan itu dihadiri ibu-ibu dari Puskesmas seluruh Malaka yang dipusatkan di Besikama. Kegiatan hari ini diawali kegiatan sosialisasi dari dokter, dilanjutkan pemeriksaan dokter dan tenaga medis yang sudah disiapkan. “Kita fokuskan kegiatan di Puskesmas Besikama dihadiri pasien dari seluruh penjuru Malaka sebanyak 250 pasien. Hari ini kita mengundang semua dinas dan Badan di lingkup pemkab Malaka turut hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan terselenggara atas kerja sama BPJS kabupaten Malaka dengan Dinas Kesehatan dan secara nasional dilaksanakan serentak hari ini. Untuk Kabupaten Malaka dipusatkan di Puskesmas Besikama,” katanya. (boni)

Baca Juga :   Bupati Malaka: Prioritaskan Pembangunan Sesuai Kebutuhan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top