EKONOMI

Kelompok Tani Tunas Harapan Bakiruk-Malaka, Terima 31 Ekor Sapi Bantuan Pemprov NTT

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Kelautan dan Peternakan Malaka membagikan bantuan sapi betina kepada Kelompok Tani Tunas Harapan, Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah.

Plt. Kadis Pertanian Kabupten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan disela penyerahan bantuan 31 ekor sapi betina, Rabu (27/7) pagi tadi menjelaskan, 31 ekor sapi betina yang dibagikan hari ini, merupakan bantuan dari Dinas Peternakan Provinsi NTT untuk peningkatan ekonomi masyarakat Malaka. Program itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani ternak di Malaka. Bantuan itu merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan revolusi pertanian di Malaka dan menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan program prioritas pemerintah itu.

Inilah sapi bantuan Pemprov NTT untuk kelompok tani Tunas Harapan, Bakiruk.

Inilah sapi bantuan Pemprov NTT untuk kelompok tani Tunas Harapan, Bakiruk.

Terkait kinerja APBD tahun 2016, Pemda Malaka melalui Dinas Pertanian akan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan ternak kambing dan itik yang akan diberikan kepada masyarakat, yang sudah siap mempersiapkan menerima program itu. Terkait pengadaan ternak sapi, akan diprogramkan pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Menurut Kadis Yustinus, untuk pengalokasian anggaran dibidang peternakan melalui APBD II, maka kelompok penerima manfaat harus mempersiapkan diri menyiapkan pakan ternak yang cukup. Bantuan Pemerintah Provinsi NTT kepada kelompok ternak di Weleun-desa Bakiruk, karena mereka sudah menyiapkan pakan ternak yang cukup sehingga bantuan itu bisa diberikan. “Silahkan kelompok tani menyiapkan diri dengan melakukan penanaman makan ternak sehingga bila bantuan itu diberikan bisa dikelola karena sudah ada ketersediaan pakan ternak yang memadai,” papar dia.

Baca Juga :   Pemkab Malaka Siapkan Ranperda Tentang Organisasi Pemkab. Dinas, Badan dan Bagian Bakal Bertambah

Diharapkan bantuan ternak sapi betina dari Pemprov NTT bisa memacu usaha masyarakat melakukan budidaya ternak di Malaka. Pemprov NTT menggalakkan program sebagai propinsi ternak sehingga harus menangkap peluang itu. Lahan peternakan saat cukup memadai. “Kita hanya menyiapkan kelembagaan kelompok tani yang baik agar bisa bekerja mempersiapkan kelompoknya masing-masing guna menerima intervensi pemerintah melalui berbagai program yang dilancarkan pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten Malaka. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top