RAGAM

Masih 35 Desa di Malaka Belum Laporkan SPJ ADD

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 35 desa dari 127 desa di Kabupaten Malaka belum menyampaikan laporan SPJ kepada pemerintah. Pemda Malaka berupaya mendorong BPMPD, agar tetap memonitoring pelaksanaan di desa agar sesuai peruntukannya. Bagi desa yang belum melaporkan SPJ agar mempercepat pelaporannya, agar tidak berpengaruh pada pencairan ADD tahap berikutnya. Demikian Wabub Malaka, Daniel Asa usai melakukan sidak di BPMPD Kabupaten Malaka, Senin (11/7).

Daniel Asa

Daniel Asa

“Tadi kita dapat laporan Inspektorat bahwa dari 127 desa di Malaka sudah ada 92 desa melaporkan SPJ kepada pemerintah.
Saat pertemuan dengan ASN di BPMPD kita sudah minta bagian yang menangani desa supaya melakukan monitoring di lapangan sehingga pemanfaatan ADD sesuai peruntukannya. ADD itu uang rakyat di desa sehingga harus dipastikan pemanfaataannya benar dan bermanfaat bagi rakyat di desa,” sebutnya.

Pihaknya minta kepada desa yang belum menyelesaikan SPJ supaya segera menyelesaikan laporannya. Kalau ada desa yang belum buat laporan SPJ supaya segera buat laporan penggunaan dana desa. Kepada dinas teknis terkait agar memfasilitasi desa yang belum melaporkan SPJ supaya segera menyelesaikannya.

Ketika ditanya wartawan terkait keterlambatan pelaporan SPJ desa berdampak pada pentransferan dana ADD dari pusat ke Malaka, Wabub Asa mengatakan pihaknya sudah meminta supaya memperhatikan regulasi yang berlaku. Menurut Asa, seharusnya keterlambatan itu bukan menjadi alasan utama pentransferan dana pusat ke rekening umum kas daerah.

Baca Juga :   Catatan Pinggir Jelang ETMC 2019 Malaka (2-Bersambung)

“Kita sudah minta dinas teknis melihat lagi regulasinya supaya kalau bisa segera dilakukan pengurusan dan pencairan dana pusat ke daerah. Hal itu dimaksudkan supaya tidak mempengaruhi desa secara keseluruhan dalam pengelolaan ADD tahun ini. Kalau desa yang belum membuat SPJ tentu diberi kesempatan untuk menyelesaikan pelaporannya. Kalau sudah selesai baru dilakukan pencairan ADD yang baru,” ungkapnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top