EKONOMI

PAD Dinas Pertanian Malaka Bidang Perikanan Diprediksi Capai Target

BETUN, Kilastimor.com-Target Penerimaan Asli Daerah (PAD) tahun 2016 dibidang Perikanan, pada Dinas Pertanian Malaka, sebesar Rp 120 juta diprediksi akan mencapai target. Sampai semester I tahun ini, Bidang Perikanan sudah melakukan panenan sebesar 600 kg pada satu hektar tambak milik pemerintah. Pemerintah masih memiliki tambak ikan bandeng seluas dua hektar yang siap panen dalam waktu dekat, sehingga bisa menambah PAD dari sektor perikanan.
Hal itu disampaikan PLt.Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, Ir. Yustinus Nahak, M.Si. kepada wartawan disela acara panen ikan bandeng pada tambak miliki pemerintah di Kobalima, Sabtu ( 30/7).

Yustinus Nahak

Yustinus Nahak

Dalam semester I, pihaknya baru melakukan panen ikan bandeng pada lahan seluas satu hektare dari tiga hektar ikan yang siap panen dalam semester pertama ini. Pada tambak satu hektar itu, sudah melakukan pemanenan sebanyak dua kali dengan total 600 kg dan dijual dengan harga per kg Rp 50 ribu/kg. Masih ada dua hektar tambah ikan bandeng yang siap dipanen dalam waktu dekat.

Pihaknya juga katanya, sudah menebar lagi nener ikan bandeng pada tambak ikan lainnya seluas 2 hektar, sehingga diharapkan bisa dipanen pada bulan Oktober tahun ini. Dengan demikian sesuai kalkulasi kita, sampai akhir tahun ini target PAD kita dari sektor perikanan bisa mencapai Rp 120 juta .

Yustinus yang saat ini masih menjabat sebagai Camat Malaka Barat itu kepada wartawan mengatakan hasil panen pada lahan satu hektar milik pemerintah di Kobalima itu masih kurang karena saat penebaran benih nener, sebesar 60 persen nener mengalami kematian akibat perubahan kadar garam di tambak ikan. Waktu ditebar, kadar garamnya cukup tinggi karena sumur untuk pompa air tawar mengalami kerusakan sehingga mortalitas nener saat itu mencapai 60 persen. Harusnya sesuai perencanaan kita bisa panen satu hektar sebanyak 2 ton ikan. Namun capaiannya baru 600 kg pada lahan satu hektar.

Baca Juga :   Rapat Perdana, Salean Ajak Kader Golkar Menangkan Pilwalkot Kupang

Kita sudah melakukan perbaikan sumur yang rusak dan saat ini sudah bisa dimanfaatkan. Mesin pompa air juga sudah diperbaiki dan siap digunakan. Dalam waktu dekat bagian Perikanan pada dinas pertanian sudah menebar lagi benih nener pada lahan dua hektar dengan harapan bisa terawat baik dan mendongkrak PAD melalui sektor itu. Kita optimis, target PAD kita sampai semester II bisa mencapai target. Kalau tidak ada aral melintang maka target PAD dari bidang perikanan hingga akhir semester II bisa melampaui target. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top