RAGAM

Pangdam Udayana Buka Operasi Teritorial di Belu. Nasionalisme Harus Ditingkatkan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI, Kustanto Widiatmoko membuka secara resmi pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA 2016 Kodam IX/Udayana dalam upacara yang bertempat di Lapangan Wewori, Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Kamis (21/7).

Pangdam Serahkan Alat Bagi Masyarakat dan Anggota TNI.

Pangdam Serahkan Alat Bagi Masyarakat dan Anggota TNI.

Pangdam IX/Udayana Kustanto selaku Irup pembukaan Opster mengenakan pakaian kebesaran Raja Tohe setelah dinobatkan sebagai anggota dewan kehormatan kerajaan Tohe dalam sambutannya mengatakan, Opster TNI tahun 2016 dilaksanakan di wilayah Korem 161/Wira Sakti yaitu di Kabupaten Belu, Malaka dan Kupang dengan tujuan membantu Pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur dalam meningkatkan kesejahteraan, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara khususnya bagi masyarakat di daerah rawan dan perbatasan.

Adapun sasaran Opster tahun 2016 antara lain, terciptanya situasi yang kondusif demi kelancaran pelaksanaan pembangunan di daerah perbatasan guna meningkatkan ksejahteraan masyarakat di wilayah Belu, Malaka dan Kupang. Tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga terwujudnya semangata nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan dengan mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan golongan tertentu.

Selain itu terlaksananya sistem pertahanan dan keamanan untuk meminimalisir potensi konflik yang menyebabkan terjadinya disintegrasi bangsa. Terbinanya semangat cinta tanah air dan bangsa dari segala upaya yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :   Pola Tanam Double Track Naikan Produksi Jagung

Terwujudnya pembangunan infrastruktur di daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat, terwujudnya tugas bantuan kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah, serta terwujudnya ruang, alat dan kondisi (RAK) juang sedini mungkin dalam rangka Sishanta di wilayah Belu, Malaka dan Kupang.

Lanjut Pangdam Kustanto, di samping itu kegiatan Opster dapat meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam menjalankan kehidupan, sehingga menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh untuk membela bangsa dan negara.

Diharapkan, kegiatan ini dapat mencapai hasil yang maksimal, sejalan dengan semangat yang terkandung dalam teman Opster “melalui operasi teritorial kita tingkatkan kesejahteraan, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara masyarakat guna mendukung terciptanya RAK juang yang tangguh.

“Dengan tema ini dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi kita semua dalam melakukan percepatan pembangunan di daerah rawan dan batas. Sehingga bangsa Indonesia khususnya Provinsi NTT sebagai salah satu serambi depan NKRI kedepan semakin maju, makmur dan sejahtera,” harap dia.

Tambah Pangdam Kustanto, dalam Opster ada dua hal pokok yakni fisik dan non fisik. Kegiatan fisiknya membuat jalan raya, bedah rumah, rehabilitasi rumah ibadah, kapela dan masjid juga jamban. Sedangkan non fisiknya memberdayakan masyarakat baik dari aspek wawasan kebangsaan di wilayah perbatasan.

“Ini dua hal sangat penting yang kita laksanakan. Pelaksanaan Opster akan berlangsung selama 75 kerja totalnya kurang lebih 3 bulan,” ujar dia.

Baca Juga :   Offroader Nasional Eko Prasetyo Takluk di Haliwen

Acara tersebut dihadiri, Danrem 161/WS, Danlantamal VII Kupang, Kabinda NTT, Danlanud Eltari Kupang, Danbrigif-21/Komodo, Bupati Belu, Bupati Malaka, Unsur FKPD Belu, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta tamu undangan.

Usai pembukaan kegiatan tersebut, Pangdam IX Mayjen Kustanto menggelar tatap muka bersama masyarakat di perbatasan Haekesak, dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada warga. Selain itu meninjau posko pengobatan massal, pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal kegiatan Opster. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top