RAGAM

Peduli Warga Belu, Satgas Yonif 641/BRG Bikin Baksos Perdana

ATAMBUA, Kilastimor.com-Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 641/Beruang menggelar bakti sosial, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga di Perbatasan Belu-Timor Leste.
Kegiatan perdanaa satuan asal Kabupaten Singkawang itu bertempat di lokasi sekolah PAUD Salore, Desa Tulakadi, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat, Sabtu (30/7).

Dansatgas serahkan bantuan sembako kepada warga Tulakadi.

Dansatgas serahkan bantuan sembako kepada warga Tulakadi.

Rangkain kegiatan baksos meliputi pengobatan massal (pelayanan kesehatan), kithanan (sunatan) massal serta pembagian sembako secara simbolis oleh Dansatgas Yonif Raider 641/BRG, Letkol Inf. Wayan Herlambang. Hadir juga Kasdim 1605/Belu, Wakapolres Belu, serta Kades Tulakadi.

Dansatgas Letkol Inf. Wayan Herlambang disela-sela kegiatan kepada awak media mengatakan, kegiatan baksos ini merupakan yang pertama kali digelar sejak bertugas sebagai pasukan pengaman di wilayah NKRI di perbatasan Belu dan Negara Timor Leste.

“Ini kegiatan perdana kami buat program Yonif Raider 641/Beruang. Kita berikan bantuan di bidang teritorial untuk masyarakat guna mengurangi beban. Ada pelayanan kesehatan, sunatan dan pembagian 1.500 paket sembako,” ujar dia.

Jelas Herlambang, kegiatan berikutnya akan dilaksanakan di 20 pos satgas dan 20 desa binaan di sepanjang perbatasan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga Satgas akan memberikan bantuan ubi ungu dan pendampingan terhadap masyarakat.

“Untuk kithanan massal setiap tempat itu berbeda. Kita kondisikan dengan kesediaan obat, target 50 warga di setiap. Kita juga akan berikan bantuan ubi ungu dan pendampingan kepada masyarakat,” tutur dia.

Dansatgas serahkan bantuan sembako.

Dansatgas serahkan bantuan sembako.

Kepala Desa Tulakadi, Agustinus Mau atas nama masyarakat menyampaikan apresiasinya terhadap Satgas Yonif 641 Raider karena baru satu bulan bertugas sudah melakukan kegiatan baksok pelayanan kesehatan secara gratis dan pembagian sembako untuk masyarakat.

Baca Juga :   Lima Kabupaten di Daratan Timor Buat Kesepakatan dengan Plan Internasional Indonesia. Satu Kelompok Sipil dapat Rp 750 Juta

“Ada juga sembako untuk kaum janda dan duda sebanyak 75 paket. Bantuan ini motivasi hidup sehat untuk kami di perbatasan. Kami juga sangat bersyukur karena akan diberikan bantuan ubi ungu dan kedepan kami mohon kepedulian Satgas Yonif 641 untuk dampingi warga,” ucap dia.

Arni Tahan, salah seorang warga yang mendapat pelayanan secara gratis berharap kalau bisa kedepan bantuan pengobatan secara gratis oleh Satgas Yonif 641/Beruang terus berlanjut bagi warga di perbatasan Belu. “Kalau bisa ada juga pendampingan dari Satgas bagi warga yang dapat bantuan ubi ungu, sehingga usahanya berhasil dan warga bisa jual untuk kebutuhan sehari-hari,” pinta dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top