RAGAM

Pemerintah Desa Harus Alokasikan Dana untuk PAUD

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Desa harus bisa mengalokasikan anggaran untuk pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa melalui ADD. Pengalokasian anggaran itu untuk mendukung pengembangan PAUD untuk insentif pengelola maupun untuk mendukung biaya operasional PAUD. Hal itu disampaikan Project Officer untuk Program Ceria Save The Children Kabupaten Malaka, Vinsensius Asno kepada wartawan disela acara wisuda 151 siswa Paud di Desa Umalor-Kecamatan Malaka Barat-Kabupaten Malaka, Jumat (1/7).

Wisuda anak PAUD di Malaka.

Wisuda anak PAUD di Malaka.

“Kita sangat mengharapkan semua pihak bisa terlibat memberikan bentuk dukungan dan kontribusi untuk pengembangan PAUD di Malaka. Orang tua juga harus paham tentang pentingnya PAUD. Kita harapkan ada alokasi ADD untuk pengembangan PAUD kedepan. Pemerintah Desa bisa mengalokasikan dana untuk insentif para pengelola dan biaya operasional untuk mendukung lancarnya pengelolaan PAUD di wilayah desa yang bersangkutan,” terangnya.

Hari ini paparnya, ada kegiatan wisuda bagi 18 PAUD dengan jumlah anak PAUD sebanyak 151 orang. Tujuannya, sebagai bentuk penghargaan terhadap keberhasilan proses pembelajaran anak PAUD yang sudah berhasil. Kegiatan wisuda itu sekaligus sebagai motivasi bagi semua stake holder baik pemerintah desa, orang tua, masyarakat dan anak itu sendiri untuk menyadari pentingnya PAUD bagi anak usia emas.

“Tahun ini Save The Children menangani 15 PAUD dari program Ceria. Untuk Program Cerdas ada 15 SD. Selain itu ada imbas juga bagi PAUD lain diluar program. Kintribusinya berupa peningkatan akses seperti pembangunan gedung dan memberikan alat permainan bagi anak, Kita juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapsitas dan kualitas pengelola paud di wilayah kecamatan yang bersangkutan. PAUD diluar dampingan dalam kecamatan itu disebut paud imbas kita melakukan pelatihan untuk para guru penyelenggara PAUD,” imbuhnya.

Baca Juga :   UN SMP di Malaka Berjalan Lancar

Dia berharap, semua pihak bisa terlibat memberikan bentuk dukungan di wilayah Kecamatan dan desa yang bersangkutan. Orang tua harus paham tentang pentingnya paud bagi anak-anaknya. (Boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top