RAGAM

Pemerintah Diminta Penuhi Fasilitas Pendidikan di SMAN Halioan

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka diminta memenuhi fasilitas pendidikan di SMAN Halioan. Pasalnya, sejak berdiri sekolah itu belum mendapatkan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) dan ruang guru. Selain itu pemerintah perlu memperhatikan ketersediaan meubeler, perpustakaan, laboratorium dan MCK Permanen. Sejak didirikan sekolah itu, masyarakat sudah menyerahkan tanahnya secara sukarela seluas 6.000 meter persegi dan sudah bersertifikat atas nama pemerintah. Hal itu disampaikan Koordinator SMAN Halioan, Gabriel Nahak Seran kepada wartawan di Betun, Jumat (8/7).

Logo Malaka

Logo Malaka

“Sejak didirikan tahun 2013, SMAN Halioan belum mendapatkan bantuan berupa sarana prasarana pendidikan seperti RKB dan ruang guru. Sekolah ini juga belum memiliki kepala sekolah. Meubeler tidak ada dan semua aktifitas pendidikan selama menggunakan fasilitas SD Halioan.  Sekolah ini sudah dibangun sejak tahun 2013 dan tahun 2015 mendapatkan izin operasional dari pemerintah.

Tenaga guru sebutnya, berjumlah 18 orang guru dan 3 tenaga tata usaha dengan status guru honor komite. “Kita sudah minta ke dinas terkait guru PNS dan Kepala Sekolah tetapi jawabannya tunggu sampai bulan Agustus. Kita harapkan dalam kesempatan pertama pemda bisa dipenuhi fasilitas pendidikan. Tanahnya diserahkan secara sukarela masyarakat dengan harapan bisa memiliki USB guna mendekatkan pelayanan pendidikan di Halioan. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi bagian Dikmen tetapi diminta bersabar hingga regulasi pengalihan tanggung jawab SMAN ke provinsi baru ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Baca Juga :   4 Juli, KPU Belu Tetapkan Caleg Terpilih. Ini Penjelasan KPU Soal Suara Caleg Sama

Untuk tenaga guru diharapkan pemerintah segera melantik kepala sekolah dan memberikan bendahara yang PNS sehingga pengelolaan dananya bisa dilakukan sekolah. Untuk sementara kita masih bergabung dengan SMAN Harekakae.

Animo masyarakat belajar di SMAN Halioan cukup bagus, karena itu pemenuhan berbagai fasilitas sangat diperlukan agar bisa memperlancar proses KBM sekaligus mendekatkan pelayanan pendidikan bagi siswa pada beberapa desa yang berdekatan dengan Halioan kedepan.  (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top