RAGAM

Pemerintah Kecamatan Io Kufeu Gencar Data Lahan Pertanian

BETUN, Kilastimor.com-Masyarakat Kecamatan Io Kufeu melalui aparat masing-masing desa lagi gencar melakukan pendataan terhadap potensi lahan basah dan lahan kering di wilayah itu. Diharapkan dalam juli semua pendataan selesai dilakukan untuk dilaporkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Malaka untuk diproses lebih lanjut. Pendataan lahan itu dimaksudkan untuk mensukseskan program revolusi pertanian yang dicanangkan pemkab Malaka. Hal itu disampaikan Camat IO Kufeu, Wendelinus Un kepada wartawan di Io Kufeu, Minggu (10/7).

Ilustrasi pengelolaan sawah.

Ilustrasi pengelolaan sawah.

“Masyarakat Io Kufeu memberikan apresiasi dan mendukung program revolusi pertanian yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Malaka. Untuk saat ini kita masih melakukan pendataan lahan masyarakat setiap desa yang dilakukan masing-masing aparat desa. Kita targetkan dalam bulan Juli pendataan disetiap desa sudah tuntas untuk diserahkan kepada dinas Pertanian Kabupaten Malaka,” paparnya.

Untuk lahan pertanian basah ungkapnya, sudah melakukan pendataan dengan rincian Desa Fatoin 300 hektar, Desa Bani-Bani 50 hektar dan desa Tunmat (Bubun) 35 hektar. Khususnya di wilayah desa Fatoin lahan basah yang sudah diolah dan pernah diolah sebesar 260 hektar. 40 hektarnya masih berstatus sebagai lahan tidur yang belum pernah diolah.

Khususnya bagi lahan kering, aparat masing-masing desa masih melakukan pengukuran pada lahan yang sementara diolah masyarakat dan lahan yang pernah diolah masyarakat. “Menurut pengamatan kita lahan kering milik masyarakat sangat berpotensi ditanami jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Dalam pengukuran lahan kering, ditemui kesulitan di lapangan karena faktor SDM dan peralatan pengukuran yang kurang memadai. Namun kita tetap optimis bahwa semua lahan kering milik masyarakat bisa diukur dan diprediksi akan selesai dalam bulan Juli ini,” pungkasnya. (boni)

Baca Juga :   DPD Demokrat NTT Gelar Natal Bersama Senin Besok
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top