EKONOMI

Penataan Saluran Irigasi Weliman Perlu Diatur Pemkab Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka perlu melakukan penataan terhadap saluruan irigasi Weliman. Selain membangun saluran tertier dan saluran cacing, pemerintah juga harus mengatur sistem pembagian air kepada petani.
Untuk memudahkan pengaturan air bagi petani, pemerintah melalui dinas teknis perlu mengatur pola tanam petani secara serentak dalam satu hamparan. Hal itu disampaikan Ketua KTNA Kabupaten Malaka, Lambertus Klau Nahak kepada wartawan di Betun, Minggu (3/7-2016).

Kades

Lambertus Klau Nahak

Persoalan irigasi sayap kiri Weliman yang mengairi wilayah Desa Haitimuk- Kleseleon- Motaulun- Naas-Maktihan hingga Besikama sering terjadi persoalan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam urusan irigasi kita sering melihat pembobolan saluran Primer dan sekunder oleh petani karena tidak tersedianya saluran tertier dan saluran cacing yang dimanfaatkan mengalirkan air ke sawah masyarakat. Kalau kita inginkan supaya pengaturan airnya baik maka harus dibangun saluran tertier dan saluruan cacing supaya tidak terjadi pembobolan saluran.

Petani memang cukup dilema. Kalau tidak bobol maka mereka tidak bisa mengairi sawahnya. Solusinya, pemerintah melalui dinas pertanian dan petugas pertanian di Kecamatan dan desa perlu melakukan pemetaan di lapangan untuk mengetahui saluran tertier dan saluran cacing mana yang harus segera mendapatkan penanganan.

Khususnya untuk pembagian air diwilayah Irigasi Weliman sayap kiri perlu diatur petugas pengatur air. Musim tanam pertama biasanya kita tidak megalami kendala karena masih terbantu air hujan. Masalah sering muncul pada MT II karena petani hanya menggunakan saluran irigasi Weliman sayap kiri. Petugas harus bisa mengatur pembagian air sesuai jadwal sehingga bisa mengairi lahan masyarakat.

Baca Juga :   Demi Rai Belu, Lius Talok Siap Berkontestasi di Pilkada

Solusi lain, Dinas Pertanian melalui Petugas pertanian di Kecamatan dan desa bersama kelompok tani perlu sepakat mengatur jadwal penanaman secara serentak dalam satu hamparan sehingga memudahkan pengaturan air dari hulu ke hilir. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top