HUKUM & KRIMINAL

Polres Belu Kantongi Izin Gubernur NTT, Oknum Anggota DPRD Malaka Segera Diperiksa Sebagai Tersangka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Polres Belu telah mengantongi surat izin dari Gubernur NTT, Frans Lebu Raya untuk memeriksa oknum Anggota DPRD Kabupaten Malaka, Baltazar Manek sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek dana pengembangan pada SMKN Raihenek, Kobalima, tahun 2012 lalu.
Demikian disampaikan Kapolres Belu, AKBP. Michael Ken Lingga melalui Kasat Reskrim, Iptu. I Nyoman, Gede Arya Triadi Putra yang dihubungi media, Jumat (15/7) di Atambua.

Menurut dia, Gubernur NTT telah menerbitkan surat izin pemeriksaan bagi penyidik Polres Belu untuk melakukan pemeriksaan terhadap oknum anggota DPRD Malaka tersebut, yang sebelumnya merupakan Kepala Sekolah SMKN Kobalima.
“Surat izin Gubernur sudah ada, kami terima sebelum lebaran. Kami juga sudah bersurat untuk minta bantuan permohonan ke Kabupaten Malaka, namun belum ada balasan,” ujar dia.

Kasat

I Nyoman, Gede Arya Triadi Putra

Mantan Kapolsek Kakuluk Mesak itu mengatakan, sebelum memanggil tersangka untuk diperiksa dalam waktu pihaknya akan gelar perkara kasus dugaan korupsi dana SMKN Raihenek secara internal. “Setelah itu baru akan kita keluarkan surat panggilan untuk memeriksa tersangkanya,” ucap Nyoman.

Lanjut Nyoman, tidak saja oknum anggota DPRD Malaka BM yang diperiksadimaksud, pihaknya juga akan keluarkan surat panggilan ke beberapa saksi untuk diperiksa guna kebutuhan bagi tim penyidik Reskrim Polres Belu.

Diberitakan sebelumnya, sesuai hasil audit pihak BPKP NTT terhadap kasus dugaan korupsi proyek dana pengembangan SMK Unggul pada SMKN Raihenek, Kobalima merugikan keuangan negara sebesar Rp 405.108.381 dari pagu dana APBN sebesar Rp. 4.957.000.000.

Baca Juga :   Pemda Silahkan Lakukan Audit Organisasi, dan Mengusulkan Formasi Tes CPNSD

Dana proyek tahun 2012 lalu di wilayah perbatasan RI-RDTL tersebut bersumber dari dana Kementerian Pendidikan Subdit Direktorat Pembinaan SMK dengan total dana senilai Rp. 4.957.000.000. Dana tersebut dipergunakan untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik pada SMKN Raihenek seperti pengadaan peralatan laboratorium dan jasa konstruksi. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top