HUKUM & KRIMINAL

Sakit, Pemeriksaan Baltazar Manek Terkait Dugaan Korupsi Dana SMKN Kobalima Ditunda

ATAMBUA, Kilastimor.com-Senin hari ini, Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Belu memeriksa Baltazar Manek (BM), tersangka kasus dugaan korupsi proyek dana pengembangan SMK unggul pada SMKN Kobalima.
Pemeriksaan terhadap BM yang merupakan mantan Kasek SMKN tersebut, tidak berlangsung lama. Pasalnya, BM yang juga anggota DPRD Malaka saat ini, tidak mampu menjawab pertanyaan, ketika baru disodorkan satu pertanyaan. BM yang didampingi kuasa hukumnya mengaku tidak bisa melanjutkan lantaran tidak enak badan.

Kasat

IPTU Nyoman GA Putra

Kapolres Belu, AKBP Michael Ken Lingga melalui Kasat Reskrim IPTU Nyoman GA Putra membenarkan hal itu kepada awak media yang dihubungi, Senin (18/7) sore.
“Hari ini kita lakukan pemeriksaan perdana terhadap BM selaku tersangka. Tapi karena beliau mengaku sakit terpaksa kita tunda pemeriksaan ke Rabu (20/7) nanti,” ujar dia.

“Kita baru ajukan satu pertanyaan, apakah dalam keadaan sehat, namun dijawab tidak enak badan. Klinik Polres langsung lakukan tes kesehatan dan hasil tensi darah 120/80 normal. Kita tidak bisa paksa BM, karena sakit jadi kita tunda periksa ke Rabu mendatang,” aku Nyoman.

Masih menurut Nyoman, sebenarnya pemeriksaan BM dilakukan pada minggu kemarin. Namun karena BM ada urusan keluarga, sehingga pemeriksaan ditunda ke hari ini.

Seperti diberikan terdahulu, sesuai hasil audit pihak BPKP terhadap kasus dugaan korupsi proyek dana pengembangan SMK unggul pada SMKN Kobalima merugikan keuangan negara sebesar Rp 405.108.381 dari pagu dana APBN sebesar Rp 4.957.000.000.

Baca Juga :   Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Belu Soal Dugaan Kriminalisasi Janda Miskin Lima Anak

Anggaran proyek tahun 2012 lalu di wilayah Malaka perbatasan RI-RDTL, bersumber dari dana Kementerian Pendidikan Subdit Direktorat Pembinaan SMK dengan total dana senilai Rp 4.957.000.000. Dana tersebut dipergunakan untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik pada SMKN Raihenek seperti pengadaan peralatan laboratorium dan jasa konstruksi. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top