RAGAM

Tingkatkan Kepesertaan, BPJS Kesehatan Malaka Lakukan Sosialisasi

BETUN, Kilastimor.com-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Malaka komit melakukan sosialisasi bagi masyarakat, dengan melibatkan pemerintah setempat baik di kecamatan, desa dan dusun agar bisa memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan.
Hal itu dimaksudkan supaya masyarakat memahami pentingnya BPJS Kesehatan bagi diri dan keluarganya. “Kita akan keliling seluruh kecamatan dan desa di Malaka untuk lakukan sosialisasi,” bilang Kepala Layanan Operasional BPJS Kabupaten Malaka, Fimonika Sirituka kepada wartawan disela acara sosialisasi dan pemeriksaan kanker serviks bagi ibu-ibu di Puskemas Besikama, Jumat (29/7).

BPJS

Fimonika Sirituka

Sirituka mengatakan, salah satu persoalan yang dihadapi BPJS di Kabupaten Malaka adalah pemahaman masyarakat terkait pentingnya BPJS Kesehatan masih rendah, sehingga solusinya harus dilakukan sosialisasi secara terus menerus diberbagai kecamatan dan desa. Kedepan katanya, pihaknya akan melakukan sosialisasi langsung di masyarakat akar rumput yang bekerja sama dengan camat dan kepala desa sebagai pemimpin wilayah.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan sistim jemput bola dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat disetiap desa dan dusun sehingga bisa tercipta dialog untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang pentingnya BPJS Kesehatan. Selama ini katanya, warga yang melakukan pendaftaran menjadi anggota BPJS Kesehatan karena memiliki alasan seperti mau melahirkan, operasi atau alasan berobat lainnya. Mereka melakukan pendaftaran secara mandiri agar bisa memanfaatkan fasilitas itu saat berobat, operasi atau melahirkan,” paparnya.

Baca Juga :   Danrem Pimpin Upacara HUT ke-70 RI di Perbatasan Silawan. Tugas Teritorial TNI Harus Ditingkatkan

Kedepan katanya, pihaknya akan melakukan sosialisasi sehingga warga bisa mendaftar sebagai anggota tanpa harus menunggu sakit atau operasi. Warga bisa memanfaatkan kapan saja saat sakit atau mau berobat tanpa harus menunggu pendaftaran baru yang membutuhkan banyak waktu. Hal itu merupakan komitmen kita bersama untuk meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat.

Hari ini secara nasional kita melakukan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kanker serviks bagi ibu-ibu dalam rangka perayaan HUT BPJS Kesehatan secara nasional. Setelah kegiatan hari ini tetap dilanjutkan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan kanker serviks melalui berbagai faskes yang ada di Kabupaten Malaka. (boni).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top