RAGAM

Warga Sepanjang DAS Benenain Diminta Waspada

BETUN,  Kilastimor.com-Warga Malaka yang tinggal sepanjang DAS Benenain diminta waspada terhadap banjir susulan dari hulu Sungai Benenain. Bagi masyarakat yang tinggal di hilir sungai Benenain seperti warga desa Sikun, Oan Mane, Besikama, Lasaen, Motaain diharap waspada sehingga tidak terdampak banjir bandang. Hal itu disampaikan Petugas Pengamat Pengairan Irigasi Malaka, Yoseph Bere kepada wartawan di Betun, Kamis (14/7-2016).

Yoseph Bere

Yoseph Bere

Yoseph mengatakan hujan berkepanjangan tadi malam hingga hari ini tanpa henti patut diwaspadai warga yang bermukim sepanjang DAS Benenain. Kondisi sungai Benenain saat ini biasanya hanya sekitar 2 meteran diatas mercu, saat ini sudah berada pada titik tiga meter lebih. Kita patut waspada terutama pada tengah malam nanti bisa terjadi banjir susulan dari hulu sehingga menambah debit air dan sangat dikawatirkan bisa meluap memasuki pemukiman penduduk disepanjang DAS.

“Tadi kita mendapatkan informasi dari teman-teman di TTS dan TTU bahwa disana masih terjadi hujan sehingga diperkirakan berpotesi menimbulkan banjir bandang dari hulu sungai Benenain,” terangnya.

Hasil pantauan terakhir, banjir bandang sudah memasuki wilayah desa Sikun dan Oanmane di Kecamatan Malaka Barat dengan ketinggian air dalam wilayah perkampungan sekitar 50 cm.

Camat Yustinus kepada wartawan mengatakan pihaknya tetap melakukan pemantauan dan menghimbau masyarakat agar mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi. (boni)

Baca Juga :   Lintasi Wilayah Indonesia, 730 Personil Gabungan Amankan PM Timor Leste, Rui Araujo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top