HUKUM & KRIMINAL

Bentrokan Pemuda di Oenaek Diselesaikan Secara kekeluargaan

BETUN, Kilastimor.com-Kasus bentrokan antara pemuda Desa Uabau, Laenmanen, Malaka, dengan pemuda Kimbana, Tasbar, Kabupaten Belu saat acara pernikahan di desa Oenaek-Kecamatan Laenmanen yang merusak 11 unit sepeda motor dan sound system diselesaikan secara kekeluargaan.

kapolsek Laenmanen

Mikhael Mali

Keluarga dari Laenmenen sudah melakukan pendekatan dengan keluarga di Kimbana, ternyata kedua pihak sepakat menempuh penyelesaian secara kekeluargaan. Keluarga dari Laenmanen bersedia ganti rugi kerusakan 11 sepeda motor milik pemuda Kimbana, namun ditolak keluarga yag berada di Kimbana.

Kedua pihak sepakat melakukan perdamain secara adat dengan menempuh jalan kekeluargaan. Hal itu disampaikan Kapolsek Laenmanen, IPDA Mikhael Mali kepada wartawan disela acara kunjungan Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa di Desa Kapitan Meo-Kecamatan Laen Manen-Kabupaten Malaka, Rabu (10/8/2016).

Selama ini pihak kepolisian sudah berupaya menelusuri kasus perkelahian itu namun ada permintaan keluarga di Laenmanen dan Kimbana supaya diselesaikan secara adat, guna tetap menjaga kerukunan kedua keluarga besar. “Kita dari pihak kepolisian tetap melakukan pemantauan dan sesuai rencana pelaksanaan perdamaian adat akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” terangnya.

Antara kedua pihak yang bertikai masih memiliki hubungan kekerabatan dan keluarga, sehingga perlu didamaikan supaya persoalan itu tidak berkepanjangan dikemudian hari. “Kita dari pihak kepolisian memberikan langkah-langkah penyelesaian supaya tidak menimbulkan persoalan yang berkepanjangan. Orang tua dari keluarga kedua belah pihak yang meminta supaya persoalan itu diselesaikan secara adat,” bilangnya.

Baca Juga :   DOB Malaka Harus Dipertahankan, Karena Taruhannya Adalah Jabatan Gubernur NTT

Persoalan Kantibmas pasca bentrokan antar pemuda itu sangat kondusif. Memang ada riak-riak yang timbul dan ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab menyebarkan isu, bahwa ada penyerangan dari pemuda Kimbana ke Laenmanen, namun hal tidak terbukti. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top