EKONOMI

Dinas Pertanian Malaka akan Perhatikan Petani Gagal Panen

BETUN, Kilastimor.com-Curah hujan tidak teratur di Malaka selama tahun ini, membuat banyak petani gagal panen. Atas kondisi itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka melalui Dinas Pertanian Kabupaten Malaka akan memperhatikan kebutuhan petani akibat gagal panen pada beberapa Kecamatan di Malaka. Pemerintah akan menyiapkan benih unggul kepada petani untuk menanam lagi pada MT 1 tahun ini. Hal itu disampaikan Plt. Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Senin (1/8).

Yustinus Nahak

Yustinus Nahak

Pemerintah sudah mendapatkan laporan terkait gagal panen di Kecamatan Kobalima dan Kecamatan Wewiku akibat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan gagal panen pada tanaman kacang hijau. Kita sudah mendapatkan laporan itu dari petugas kita di lapangan dan solusinya kita siapkan benih unggul kepada petani untuk kembali melakukan penanaman pada MT 1 tahun ini. Menurut laporan petugas kita dilapangan bahwa lahan pertanian masyarakat khususnya pada tanaman kacang ijo mengalami kerusakan akibat hujan yang berkepanjangan. Ada tanaman yang mati terendam air hujan dan ada juga tanaman yang lagi berbunga diguyur hujan sehingga tidak bisa berproduksi optimal.

Untuk mengatasi persoalan musim yang tidak menentu, kedepan kita akan membangun kerja sama dengan BMKG untuk mengetahui perkiraan cuaca selama musim tanam berlaku. Dengan demikian kita akan melakukan penanaman sesuai kondisi iklim yang ada. Kalau toh musim hujannya berkepanjangan maka petani perlu diberi tahu menanam jenis tanaman yang tahan air hujan.

Baca Juga :   Perdana Menteri Timor Leste Sumbang Hewan Kurban di Idul Adha di Masjid Annur Dili

Untuk saat ini pihaknya masih melakukan penataan kedalam tetapi kedepan hal-hal seperti itu harus diperhatikan untuk mengantisipasi musim yang tidak menentu. Kalau kita bisa mengetahui perkiraan musim beberapa bulan kedepan maka petani kita akan direkomendasikan menanam tanaman yang sesuai kondisi iklim sehingga tidak menimbulkan kegagalan karena alasan kondisi alam atau musim. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top