RAGAM

Dinas PKPO Malaka Segera Telusuri dan Tertibkan Sekolah Tanpa Gedung

BETUN, Kilastimor.com-Mulai saat ini, pengelola sekolah mulai berbenah. Pasalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka akan menertibkan sekolah-sekolah yang tidak memenuhi syarat pendirian. Penertiban berdasarkan perintah bupati, karena Pemkab Malaka berupaya untuk meletakkan dasar yang kuat dibidang pendidikan. Dalam waktu dekat ini, tim akan turun ke lapangan melihat dari dekat aktifitas sekolah-sekolah itu.
Kalau kedapatan tidak memenuhi persyaratan, maka pemerintah tidak segan-segan minta ditutup supaya tidak merugikan masyarakat. Kalau mau beroperasi maka harus memiliki tanah, gedung dan guru yang memadai sesuai kompetensi yang dimiliki.

Petrus Bria Seran

Petrus Bria Seran

Plt. Kadis PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/8/2016) mengemukakan,
tindakan tegas itu akan dilakukan untuk melakukan penataan pendidikan di Malaka. Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir sering bermunculan sekolah-sekolah baru yang beroperasi apa adanya, tanpa memiliki gedung dan tidak ada tanah guna membangun sekolah itu.
Tragisnya lagi katanya, sekolah yang didirikan itu tidak memiliki guru yang memiliki kompetensi. Kalau sekolah-sekolah seperti itu dibiarkan bertumbuh, maka akan menghasilkan out put yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Kata dia, arahan bupati sangat jelas yakni bagi sekolah yang tidak memenuhi persyaratan pendirian sebuah sekolah maka harus ditutup dan tidak boleh beroperasi. Ini bukan ancaman tetapi hanya warning bagi kita semua agar dalam mendirikan sebuah sekolah harus memenuhi persyaratan, agar tidak merugikan masyarakat banyak.
Kalau mau bangun sekolah harus memiliki tanah, gedung, guru yang memadai sesuai kompetensinya agar tidak merugikan siswa. Kalau sekolah-sekolah seperti ini dibiarkan bertumbuh bagaimana nasib anak-anak kita? Kalau dibiarkan dan tidak ditertibkan maka out put dari sekolah itu bisa dibayangkan. “Nanti akan menghasilkan lulusan yang tidak memiliki nilai tawar dan akan menghasilkan generasi yang kurang cerdas. Intinya, kita harapkan supaya masyarakat tidak dikorbankan dalam dunia pendidikan,” timpalnya.

Baca Juga :   TULUS Bertekad Lawan Kemiskinan Masyarakat Malaka

Penertiban itu bukan berarti tidak boleh membangun atau mendirikan sekolah. Semua diperbolehkan, hanya saja harus sesuai aturan pendirian sekolah. Bagi masyarakat yang mau mendirikan sekolah silahkan mengajukan ke dinas PKPO Malaka supaya dilakukan pengkajian. Kalau memenuhi syarat dan dibutuhkan masyarakat maka pemerintah akan mengeluarkan izin pendirian dan Izin operasional. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top